Mudah! Inilah 5 Cara Mematikan Penyimpanan Usb di HP dan PC

Inilah 5 Cara Mematikan Penyimpanan Usb di HP dan PC

Usb memang akan berguna untuk banyak hal. Misalkan saja penyimpanan komputer yang habis akibat banyak menyimpan berkas, bisa diatasi menggunakan benda kecil berkapasitas besar tersebut. Selain bisa digunakan pada pc, penyimpanan usb juga sudah mulai digunakan menggunakan hp. Meskipun terkadang ada orang yang bingung cara mematikan penyimpanan usb tapi tenang saja, karena akan dijelaskan dalam informasi berikut:  

Menghubungkan USB dengan Perangkat yang Benar Aman dari Virus

Sebelum mempelajari mengenai cara mematikan penyimpanan usb, ada baiknya pengguna juga mempelajari cara menghubungkanya. Kebanyakan perangkat USB mudah rusak akibat terserang virus, bukan hanya virus yang sumbernya dari perangkat software komputer atau pc, tetapi juga perangkat hp. Tanpa pengguna sadari, tanpa adanya aplikasi pendeteksi virus sejak dini USB akan rawan akan berbagai resiko.

Edukasi kepada pengguna USB mengenai cara menghubungkanya yang benar akan membantu pengguna menjaga keawetan USB. Setelah mengetahui edukasi mengenai hal tersebut kebanyakan pengguna akan lebih berhati-hati. Pasalnya harga USB saat ini memanglah sudah lebih murah dibandingkan dahulu, tetapi kualitasnya juga belum tentu sebagus dahulu. Perhatikan langkah-langkah menghubungkan Usb berikut Ini:

  • Menghubungkan USB melalui pc dan hp hanya berbeda sedikit, akan tetapi pengguna harus tenang karena petunjuk yang akan diberikan ini akan sangat membantu.
  • Masukan saja USB ke lubang pada Pc atau konektor USB di hp.
  • Pastikan perangkatnya berhasil membaca keberadaaan USb.
  • Setelah terdeteksi, scan USB menggunakan aplikasi pendeteksi virus bisa Smadav atau berbagai aplikasi lainya.
  • Bila menggunakan ponsel, buka menu pengaturan dan setting ulang ponsel untuk mengizinkan mengakses penyimpanan USB.
  • Setelah langkah-langkah tadi selesai, maka proses menghubungkan juga selesai.

Memutuskan Hubungan USB dengan PC atau Hp

Setelah mengetahui cara tepat bagaimana menghubungkan kedua benda berharga tersebut, selanjutnya pengguna akan diajarkan cara memutuskannya. Jangan sampai pengguna hanya bisa menghubungkan nya saja tetapi tidak bisa memutuskannya. Terlebih lagi membiarkan USB terlepas sendirinya tanpa menggunakan langkah yang benar. Guna menghindari hal tersebut pengguna dapat menyimak informasi lanjutan berikut ini:

1. Memutuskan Hubungan dengan Hp

Pengaturan di hp memang tidak begitu ribet bila dibandingkan dengan PC. Waspada dengan keberadan virus yang bisa muncul menjadi langkah awal merawat USB. Berikut ini langkah-langkah yang tepat sebagai cara mematikan penyimpanan USB melalui hp:

  • Hidupkan hp terlebih dahulu, kemudian carilah notifikasi perangkat terhubung pada bagian atas menu pemberitahuan.
  • Bila tidak menemukan, pengguna dapat mengunjungi menu pengaturan.
  • Klik nonaktifkan penyimpanan usb. Bila menu itu tidak ditemukan pengguna dapat merubah sistem transfer data menjadi pengisian daya.
  • Begitulah cara sederhana memutuskan hubungkan hp dengan USB.

2. Memutuskan Hubungan Dengan Pc

Pertanyaan mengenai bagaimana memutuskan koneksi USB dengan Pc memang sering muncul ketika memindahkan data. Sebenarnya mencabut USB secara langsung tidak bermasalah pada USB nya akan tetapi akan berakibat tidak menyenangkan bagi PC. Bisa saja konektor penghubung USB dan Pc menjadi mudah bermasalah, atau juga Pc menjadi susah mendeteksi keberadaan perangkat USB.

  • Menyadari hal itu berbahaya, pengguna harus perhatikan langkah berikut ini untuk memutuskan hubungan keduanya.
  • Pastikan pengguna tidak menyentuh USB yang dipasangkan pada perangkat laptop atau komputer.
  • Klik menu dokumen pada desktop. Pastikan sampat terbuka untuk melanjutkan langkah selanjutnya.
  • Klik kanan satu kali, dan carilah menu eject.
  • Setelah menekan tombol tersebut, pengguna haruslah menunggu selama beberapa menit untuk melepaskan USB yang sudah tidak terhubung tersebut.

Mempelajari cara mematikan penyimpanan USB memang akan menambah pengetahuan, akan tetapi jangan lupa untuk selalu mematuhi juga prosedur dari langkah-langkah diatas. Dengan melakukan sesuai yang diinstruksikan, pengguna akan memperoleh manfaat USB dalam jangka panjang. Seperti USB aman digunakan di perangkat lain, PC bisa dihindarkan dari Virus, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment