Cara Menggunakan Google Kalender di Android Untuk Mengatur Jadwal Acara

Cara Menggunakan Google Kalender di Android Untuk Mengatur Jadwal Acara

Adanya kalender tidak hanya membantu seseorang untuk mengetahui tanggal. Tetapi juga seseorang bisa mengatur jadwal dan perencanaan dengan menggunakan kalender. Kali ini akan dijelaskan apa itu google kalender, fitur dan dan juga cara menggunakan google kalender di android. Berikut merupakan penjelasannya.

Tentang Google Kalender

Google Kalender adalah suatu aplikasi berbasis website yang memiliki fungsi untuk pengelolaan waktu yang berasal dari Google. Pertama kali dirilis aplikasi Google Kalender ini adalah pada 13 April 2006. Adanya aplikasi ini akan memudahkan penggunanya untuk merencakan jadwal dan lain sebagainya, namun pengguna harus sudah memiliki akun google terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Aplikasi Google Kalender disediakan secara gratis oleh Google untuk penggunanya. Google Kalender bisa digunakan di android atau iOS, namun kebanyakan android baru sudah memiliki aplikasi ini sebagai aplikasi bawaan. Pengguna bisa melakukan berbagai kegiatan dengan menggunakan Google Kalender.

Apabila pengguna masuk akun Google di beberapa perangkat, notifikasi Google Kalender ini tetap bisa masuk. Hal ini akan mempermudah pengguna juga untuk menggunakan perangkat yang berbeda namun dengan akun google yang sama.

Perlu diketahui juga jika pengguna menerima jadwal meeting dari email, tiket transportasi, akomodasi hotel dan lain sebagainya, bisa langsung dimasukkan ke dalam Google Kalender secara otomatis. Hal ini akan membantu pengguna untuk memberi reminder jika waktu yang telah ditambahkan harus segera dilakukan.

Google Kalender juga memiliki sejumlah fitur-fitur menarik yang sangat berguna untuk mengatur jadwal dan perencanaan. Lalu, apa saja fitur-fiturnya?

Fitur Google Kalender

Google Kalender mempunyai sejumlah fitur-fitur menarik yang memberi manfaat kepada setiap penggunanya. Berikut merupakan fitur-fitur lengkapnya.

1. Sebagai Pengingat

Google Kalender memiliki fungsi fitur sebagai pengingat atau reminder. Jadi, misal pengguna akan melakukan rapat pentig atau melakukan suatu tugas, pengguna bisa memasukkan tanggal dan waktu kegiatan tersebut akan dilaksanakan ke dalam Google Kalender.

Nantinya, secara otomatis Google Kalender akan memberi peringatan pada waktu mendekati kegiatan tersebut harus segera dilakukan. Jadi, pengguna tidak akan lupa jika menggunakan Google Kalender karena akan diingatkan oleh Google Kalender.

2. Berbagi Kalender

Google Kalender memiliki fitur yang bisa saling mengingatkan kepada sesama penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi jadwal kegiatan dengan anggota satu grup untuk dapat mengkoordinasikan jadwal.  Jadi, misal ada suatu acara yang dijadwalkan ulang atau dibatalkan, semua anggota bisa mengetahuinya.

3. Menyimpan Kegiatan dari Gmail

Apabila pengguna menerim email dari Gmail, maka email tersebut bisa ditambahkan langsung ke Google Kalender tanpa harus mengisinya secara manual. Karena di dalam email tersebut sudah ada keterangan waktu seperti tanggal, jam dan detail lainnya. pemberitahuan acara akan muncul otomatis jika sudah mendekati waktu tersebut.

4. Sebagai Planner

Sama seperti aplikasi planner lainnya, Google Kalender juga memiliki fitur sekaligus fungsi sebagai planner. Pengguna bisa mencantumkan jadwal kegiatan meliputi tanggal, jam, detail acara dan keterangan lainnya yang dibutuhkan ke dalam Google Kalender.

5. Update Sosial Media

Pengguna bisa membuat reminder untuk melakukan update pada sosial media seperti Instagram atau Facebook. Fitur ini sangat berguna untuk para konten kreator yang sering update di sosial media. Pengguna hanya tinggal menambahkan aplikasi If This Then That yang bisa membuat aplikasi Google Kalender dapat terhubung ke sosial media secara otomatis dan langsung.

Cara Menggunakan Google Kalender di Android

Setelah mengetahui apa itu Google Kalender dan fitur-fiturnya. Selanjutnya akan dipaparkan mengenai cara menggunakan Google Kalender di android untuk membuat jadwal acara dengan mudah. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

1. Buka Situs Google Calendar

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat jadwal acara di Google Kalender yaitu buka terlebih dahulu situs Google Calendar dari situs resmi Google. Kemudian, pengguna lakukan eksplorasi menu-menu yang terdapat di Google Kalender tersebut untuk mengetahui apa saja fitur-fiturnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Google Kalender mempunyai sejumlah fitur dan fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Pengguna bisa melakukan penjadwalan acara, penambahan event, penambahan jadwal meeting, atau keperluan lainnya yang berkaitan dengan waktu. Sehingga, pengguna tidak akan lupa karena akan diingatkan secara langsung dan otomatis oleh Google Calender.

2. Membuat Jadwal Acara

Selanjutnya, untuk membat jadwal suatu acara, pengguna tentukan tanggal acara akan berlangsung. Lalu, lakukan skrol ke bawah dan pilihlah menu reminder. Berikutnya, tentukan juga jam acara akan berlangsung, nantinya akan muncul pop up tentang detail informasi acara. Masukkan juga judul acara yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Pengguna bisa memasukkan judul acara seperti “meeting bersama klien”, “mengumpulkan tugas”, atau “acara konser band X”. Silakan isi judul acara terebut dengan kata-kata yang mudah diingat sehingga begitu ketika Google Kalender memberikan reminder, pengguna langsung mengetahui kegiatan yang harus dilakukan. Dengan begitu, pengguna tidak akan menunda-nunda kegiatan lagi karena sudah diberi notifikasi oleh Google Kalender.

3. Menambahkan Tamu

Jika sudah melakukan tahap sebelumnya, maka selanjutnya akan ada 4 pilihan menu yaitu Event, Out of Office, Reminder dan juga Appointment Slot. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga bisa meambahkan guest atau tamu, fitur ini berfungsi untuk menambahkan orang-orang yang akan mengikuti acara tersebut. Jika ada,pengguna bisa masukkan email guest pada Google Calendar Event.

Dengan menambahkan guest atau tamu, semua anggota yang terhubung dengan suatu acara yang dibuat di Google Kalender bisa mengetahui detail informasinya. Semua anggota bisa melihat jadwal acara seperti tanggal dilaksanakannya acara, jam berlangsungnya acara, hingga detail-detail lain yang penting yang terdapat di dalam jadwal di Google Kalender tersebut.

4. Menyimpan Peraturan

Apabila acara dilakukan secara online, pengguna bisa menambahkan Google Meet Conferencing. Namun, jika dirasa semua sudah cukup, pengguna bisa langsung menyimpan jadwal acara yang telah dibuat dengan klik save. Selesai.

Apabila sudah menyimpan semua pengaturan yang dibuat, maka nanti begitu jadwal mendekati acara, Google Kalender akan memberi notifikasi awal terlebih dahulu. Biasanya waktu ini bisa diatur mulai dari 10 menit sebelum acara, 30 menit sebelum acara atau 1 jam sebelum acara. Semua bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan oleh yang mengatur jadwal tersebut.

Adanya Google Kalender akan sangat memberikan manfaat bagi setiap orang yang membutuhkannya. Apalagi bagi orang-orang yang terbiasa dengan jadwal dan perencanaan, akan sangat membutuhkan Google Kalender sebagai pengingat. Aplikasi ini mudah digunakan dan juga tentunya gratis.

Demikian informasi mengenai apa itu Google Kalender, fitur-fiturnya dan juga cara menggunakan Google Kalender di android untuk mengatur jadwal acara. Sekarang pengguna sudah bisa mengatur jadwal acara sendiri dengan mudah dan cepat, selain itu akan mempermudah penggunanya untuk mengingat acara yang sudah dibuat dan harus segera dilaksanakan.

Leave a Comment