Begini Cara Menggunakan Dan Menambah Lokasi Di Google Maps Dengan Mudah

Begini Cara Menggunakan Dan Menambah Lokasi Di Google Maps Dengan Mudah

Google maps memang sudah menjadi fitur wajib dalam sebuah android masa kini. Kegunaan pada fitur ini juga sangat bermanfaat bagi orang yang lupa dengan rute yang akan dilalui. Bagi yang belum tahu tentang pengguna aplikasi /fitur ini, di sini akan dibahas cara menggunakan dan menambah lokasi di google maps agar alamat gampang terdeteksi.

Cara menggunakan dan menambah lokasi di google maps sebenarnya gampang-gampang susah. Namun apa salahnya jika mencoba, apalagi jika tempat yang akan ditambahkan itu adalah tempat usaha yang sedang dirintis. Pengguna juga bisa mendaftarkan usahanya pada google maps dengan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Cara Menggunakan Google Maps Untuk Menunjukkan Jalan

Untuk pembahasan mengenai cara menggunakan dan menambah lokasi di google maps, kali ini akan dibahas terlebih dahulu bagaimana cara menggunakannya. sering orang tak memakai fitur bawaan dari ponsel ini karena tidak tahu cara penggunaannya. Padahal penggunaannya ini sebenarnya sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun asal dapat membaca arah peta. Untuk tahu cara penggunaannya, simak langkah-langkah cara berikut ini.

1. Buka Google & Ketikkan Alamat

Tentu yang menjadi langkah pertama saat akan menggunakan Google maps adalah membuka aplikasi dari Google maps itu sendiri. Lakukan langkah ini saat jaringan internet sudah dihidupkan, dan kondisi jaringan sedang stabil. Sebab jika jaringan saat itu tidak stabil, bisa-bisa maps, yang seharusnya memberikan petunjuk malah menyesatkan.

Saat sudah membuka aplikasi tersebut, pengguna langsung ketikkan saja alamat yang akan dituju tersebut. Ketik secara lengkap, agar peta yang dihasilkan juga lebih akurat. Jika sudah maka akan langsung terlihat peta dari alamat yang dicari tersebut. Namun mungkin yang terlihat hanya sebuah kotak-kotak yang bagi sebagian orang membingungkan.

2. Ubah Pengaturan Satelit

Karena hasil pertama yang diperlihatkan hanya sebuah kotak-kotak kecil, dan alamat saja dan pasti akan membingungkan, maka pengguna dapat mengatur, gambar yang dilihat dari satelit. Hal ini tentunya akan sangat membantu, sebab jika sudah diatur pada pengaturan ini, peta yang terlihat seperti gambar asli pada rute yang akan dilewati.

Untuk mengubah pengaturan ini pengguna bisa langsung tap menu di atas kompas bagian atas sebelah kanan. Biasanya menggunakan logo king wajik, setelahnya pengguna akan diberikan beberapa pilihan untuk melihat peta dari sudut pandang yang mana. Pengguna bisa atur satelit dan lalu lintas pada pilihan bawah.

3. Klik Rute Dan Mulai

Nah saat sudah diatur satelit seperti yang sudah disebutkan barusan, maka alamat akan terlihat seperti aslinya dari sebelah atas. Mungkin masih bingung, namun akan lebih memudahkan lagi dari pada sebelumnya yang menggunakan pengaturan default. Setelahnya pengguna bisa klik rute pada bagian bawah alamat, nanti akan langsung terlihat jalanan yang harus dilalui untuk sampai pada alamatnya tersebut.

Saat sudah rute sudah dibuka, pengguna bisa pilih rute untuk jenis kendaraan di bagian atas. Sebab tiap kendaraan yang dipakai rute yang akan digunakan kadang berbeda seperti antara mobil dan sepeda motor. Jika sudah langsung bisa klik mulai untuk menunjukkan arah berikutnya, selesai.

Langkah Cara Menambahkan Lokasi Di Google Maps Menggunakan Android Dan IOS

Pada pembahasan mengenai cara menggunakan dan menambah lokasi di google maps selanjutnya adalah bagaimana caranya menambahkan alamat. Jika sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara menggunakan maka selanjutnya bagaimana cara untuk menambahkan alamat suatu tempat pada google maps. Untuk tahu tahu lebih lanjut bagaimana caranya, simak langkah-langkah caranya berikut ini.

1. Buka Google Maps

Saat akan mendaftarkan atau menambahkan suatu alamat, pengguna bisa langsung buka aplikasi google maps. Pastikan saat itu keadaan sinyal sedang stabil agar tidak terjadi loading saat melakukan proses pendaftaran suatu tempat. Setelah itu bisa klik kontribusi pada bagian bawah berlogo tambah.

2. Tambahkan Tempat

Apabila memang belum pernah dimasukkan dalam peta maka pengguna bisa klik tambahkan tempat, saat sudah masuk pada menu kontribusi, jika sudah langsung klik edit peta. Dalam proses yang satu ini pengguna dapat mengisi formulir yang diperlukan oleh google maps dalam memasukkan alamat tersebut ke dalam maps. Bahkan pengguna dapat mendaftarkan usaha yang mungkin sedang didaftarkan alamatnya tersebut.

Dalam proses ini juga akan dibutuhkan nomor telepon. Foto tempat yang akan didaftarkan tersebut juga harus akan dimintai pada saat pengisian formulir tersebut. Jadi alangkah baiknya sebelum mendaftarkan tempat, persiapkan dulu foto dari tempat itu.

3. Klik Kirim

Nah apabila pada kolom formulir tersebut sudah diisi maka pengguna bisa langsung kirim formulir tersebut pada google. Jika sudah berhasil maka dalam peta alamat yang dimasukkan atau didaftarkan tersebut akan langsung memiliki nama seperti pada formulir yang diisi oleh pengguna pada formulir sebelumnya. Apabila sudah berhasil maka proses selesai.

Namun jika alamat sudah pernah dimasukkan ke dalam peta namun ingin mengubahnya karena beralihnya fungsi dari tempat tersebut atau sebagainya, pengguna bisa klik edit peta. Menu ini berada tepat di samping menu tambahkan tempat. Cara yang digunakan juga hampir sama seperti saat menambahkan suatu alamatnya.

Langkah Cara Menambah Lokasi Di Google Maps Menggunakan Laptop

Jika sebelumnya langkah cara menggunakan dan menambah lokasi di google map menggunakan hp android ataupun IOS maka Kali ini adalah bagaimana menambahkan tempat menggunakan laptop. Tentu antar menggunakan laptop dan hanya menggunakan ponsel cara yang dipakai berbeda meski hampir sama. Untuk tahu lebih lanjut bagaimana langkah caranya, berikut ulasannya.

1. Buka Browser Dan Cari Alamat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser. Kemudian penggunaan bisa langsung ketik alamat https://www.google.co.id/maps/ pada kolom pencarian. Kemudian klik cari.

Saat sudah masuk pada website tersebut, pengguna bisa langsung cari alamat dari tempat yang akan dimasukkan /didaftarkan pada google maps. Setelah itu klik simbol pin berwarna merah di bagian kanan. Setelah itu pilih opsi tambahkan tempat.

2. Isi Formulir Dengan Informasi Lengkap & Kirim

Pada menu tersebut pengguna bisa langsung isi formulir dan lengkapi informasi dari tempat yang sedang didaftarkan itu. Informasi yang diperlukan itu seperti, tempat apakah itu, jam operasional nomor telepon dan sebagainya. Jika bisa kirim informasi sedetail mungkin, agar nantinya yang akan menuju alamat tersebut, tidak sampai bingung apalagi tersesat.

Saat sudah selesai mengisi formulir tersebut beserta informasi-informasi penting lainnya pengguna bisa langsung klik kirim. Jika benar, informasi tersebut sudah terkirim maka alamatnya akan langsung bisa terdeteksi dengan google maps. Jika ingin mengganti informasi peta, bisa juga klik edit peta, selesai.

Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara menggunakan dan menambah lokasi di google maps beserta langkah caranya. Penggunaan bisa praktikkan cara memasukkan lokasi di atas menggunakan laptop atau ponsel yang menurut pengguna lebih mudah. Namun perlu diingat, saat pengguna sudah memasukkan atau mendaftarkan alamat pada google maps maka secara otomatis alamat pengguna akan mudah sekali untuk dilacak.

Leave a Comment