Inilah Cara Backup Data Android ke Google Drive secara Manual, Otomatis, dan Menggunakan Mac

Inilah Cara Backup Data Android ke Google Drive secara Manual, Otomatis, dan Menggunakan Mac

Cara backup data Android ke Google Drive seharusnya merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh pengguna Android. Membuat backup data ponsel secara teratur sangat penting agar data-data tersebut tidak hilang ketika terhapus secara tidak sengaja. Ketika ponsel Android mengalami kerusakan dan semua datanya terhapus, maka data tersebut bisa didapatkan kembali dengan mengakses backup-nya.

Google drive sendiri adalah salah satu alat pencadangan praktis yang dapat digunakan oleh pengguna Android. Layanan penyimpanan cloud ini dapat digunakan untuk menyinkronkan, mencadangkan, dan berbagi data apapun dari ponsel Android. Lantas bagaimana cara mem-backup data-data Android ke Google Drive? Baca penjelasannya di bawah ini!

Cara Backup Data Android ke Google Drive tanpa Otomatisasi Alias Manual

Android dapat di-backup ke Google Drive secara manual. Jadi, dengan begitu, pengguna bisa menentukan sendiri data mana saja yang ingin di-backup ke Google Drive. Nah, jika ingin mem-backup data Android ke Google Drive secara manual, pahamilah step-step di bawah ini:

1. Download Lalu Instal Aplikasi Google Drive

Langkah pertama untuk mem-backup data dari Android ke Google Drive tentunya adalah memastikan bahwa aplikasi Google Drive sudah ada di Android. Biasanya aplikasi ini sudah ada di HP Android. Namun jika belum, silahkan untuk men-download dan juga menginstalnya melalui Google Play Store terlebih dahulu.

2. Login dengan Akun Google

Apabila aplikasi Google Drive sudah terinstal di Android, maka tingga buka saja aplikasinya. Setelah itu, silahkan login dengan akun Google yang dimiliki. Biasanya, jika Android telah terkoneksi dengan akun Google tersebut, maka Google Drive juga akan otomatis terhubung.

3. Upload File atau Data Android yang Ingin Dicadangkan

Untuk mem-backup data Android secara manual ke Google Drive, maka pengguna perlu meng-upload data atau file-file yang ingin di-backup. Caranya, tap ikon tambah pada sudut bawah sebelah kanan. Lalu pada tampilan berikutnya, klik lambang upload. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan untuk memilih data yang ingin di-backup.

Pilih seluruh data yang ingin di-backup. Namun perhatikan bahwa keseluruhan ukuran data harus kurang dari 15 GB. Sesudah memilih data, maka data tersebut akan secara otomatis di-upload. Pastikan koneksi internet sudah aktif dan stabil agar proses upload-nya berjalan dengan cepat serta lancar.

Cara Backup Data Android ke Google Drive dengan Otomatisasi

Selain dapat mem-backup data secara manual, pengguna Android juga bisa mem-backup data ponselnya ke Google Drive secara otomatis. Jika menggunakan cara ini, maka pengguna tidak perlu repot-repot meng-upload data atau file-nya sendiri. Sistem akan secara otomatis mengirim data dari Android ke Google Drive setiap ada data baru. Berikut adalah paparannya:

1. Manfaatkan Fitur Backup Otomatis

Cara yang pertama untuk mencadangkan data Android ke Google Drive secara otomatis adalah dengan memanfaatkan fitur bakcup otomatis. Untuk melakukannya, ikutilah langkah-langkah yang ada berikut ini:

  • Pergi ke “Settings” atau “Pengaturan” di Android.
  • Masuk ke opsi “Akun dan Pencadangan”.
  • Klik pada opsi “Pencadangan dan Pemulihan”.
  • Jika sudah, atur dulu akun Google Drive yang ingin dijadikan sebagai tempat untuk backup data. Caranya ialah klik opsi “Backup Akun”, kemudian pilih akun Google yang ingin dijadikan tempat penyimpanan data backup-nya.
  • Sekarang, klik pada opsi “Cadangkan Data Saya”. Kemudian geser tombol slider-nya ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur backup data ke Google Drive secara otomatis.
  • Selanjutnya, data pada ponsel Android akan di-backup secara otomatis ke Google Drive. Namun perlu diingat bahwa fitur backup otomatis ini akan berjalan jika android terhubung dengan jaringan Wifi. Jadi, jika hanya terhubung ke jaringan data seluler, maka backup otomatis tidak akan berjalan.

2. Gunakan Aplikasi AutoSync for Google Drive

Seperti namanya, aplikasi dari MetaCtrl ini akan mencadangkan file ke Google Drive dengan otomatis. Tak hanya itu, aplikasi ini bisa pula mem-backup data ke Dropbox ataupun Microsoft One Drive. Nah, untuk backup data Android ke Google Drive, maka pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi AutoSync for Google Drive.
  • Jalankan aplikasinya lalu klik ‘Connect to Google Drive’ untuk menyinkronkan Android ke akun Google yang dipunyai. Apabila akun Google telah terkoneksi ke Android, maka silahkan pilih akun Google yang ditampilkan oleh aplikasi.
  • Ketuk ‘Choose What to Sync’. Berikutnya, klik ‘OK’ ketika aplikasi meminta izin agar dapat mengakses memori di Android pengguna.
  • Selanjutnya, pilih folder di Android dan Google Drive. Folder itulah yang akan dipakai untuk tempat menyimpan backup-an data-data pengguna.
  • Atur metode sinkronasi serta pengaktifannya.
  • Jika sudah selesai, klik “Save”. Kemudian pengguna akan dibawa ke homepage DriveSync. Pada homepage tersebut, pengguna dapat melihat semua aktivitas sinkronisasi yang terkoneksi ke Google Drive, seperti synced folders, status, serta sync history.

Cara Backup Data Android ke Google Drive menggunakan Mac

Selain melakukan backup langsung menggunakan Android, pengguna juga bisa menggunakan Mac untuk backup data dari Androidnya. Ini bisa berguna ketika Android mengalami kerusakan karena ruang penyimpanannya penuh dan perlu melakukan reset pabrik sedangkan data-datanya belum di-backup.

Untuk mem-backup data Android ke Google Drive menggunakan Mac, pengguna perlu mengunduh dan menginstal software Android File Manager pada Macnya. Software ini berguna untuk mencadangkan file dari Android ke Google Drive serta mentransfer data antara Android dan Mac ataupun iOS. Untuk backup data Android ke Google Drive dengan software ini, ikuti langkah berikut:

1. Buka Aplikasi

Setelah software Android File Manager terinstal di Mac, maka segera buka software tersebut. Tunggu beberapa saat hingga software terbuka dan halaman pertamanya muncul. Jika sudah terbuka, klik pada menu bar “Commander One” lalu klik “Preferences”.

2. Tautkan Akun

Selanjutnya, pilih “Google Drive” di panel “Integration” dan tekan tombol “Link Account“. Pada tampilan berikutnya, login ke akun Google yang akan digunakan untuk backup data dengan memasukkan alamat email dan kata sandinya yang benar.

Ingatlah untuk menghubungkan Mac dengan baik ke internet selama proses penautan akun berlangsung. Ketika sudah berhasil masuk, ketuk “Allow ” untuk mengaktifkan tampilan software dan mengelola file yang disimpan di Google Drive.

3. Backup Data dari Android ke Google Drive

Sekarang, kembali ke software dan pengguna akan melihat ponsel Android yang plug-in dan akun Googlenya ditampilkan di atas dua panel. Akun Google akan tampil di sebelah kiri dan Android di sebelah kanan. Semua data yang disimpan di dua tempat tersebut akan ditampilkan di panel yang sesuai.

Pilih semua data yang ingin di-backup dari Android ke Google Drive dan tekan tombol “Move”. Atau pengguna juga bisa menekan tombol “F6” pada keyboard-nya. Setelah itu, data yang dipilih akan berhasil dicadangkan ke Google Drive dalam sekejap.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara backup data Android ke Google Drive. Cara-cara tersebut memang sangat bervariasi, sehingga pengguna bisa memilih sendiri mana yang lebih cocok dengan kebutuhan serta keadaan pengguna. Akan tetapi sebagaimana yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa hal terpentingnya ialah melakukan backup data dari ponsel secara teratur.

Leave a Comment