Menu

5 Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca

Tutorial By Feb 13, 2023
5 Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca

Memori card merupakan perangkat penyimpanan berukuran kecil yang biasanya digunakan pada ponsel. Meskipun ukurannya kecil, memori card bisa menyimpan banyak file dalam kapasitas yang cukup besar. Namun, terkadang memori card mengalami masalah dimana tidak bisa terbaca oleh perangkat. Untuk itu, berikut ini adalah 5 cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca:

1. Cek Di Perangkat Lain

Sebelum memulai solusi perbaikan, ada baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang rusak. Pengguna harus memeriksa apakah memori card yang mengalami kerusakan atau kerusakan sebenarnya terjadi pada slot pembaca. Hal ini berguna untuk mengetahui solusi perbaikan mana yang bisa digunakan. Untuk mengeceknya, pasangkan memori card ke perangkat lain.

Setelah memori card dipasangkan ke perangkat lain dan bisa terbaca dengan jelas, maka kerusakannya mungkin terjadi pada slot pembaca. Dengan begini, pengguna perlu memperbaiki slot tersebut. Jika dipasangkan ke perangkat lain dan masih tidak terbaca, maka dapat dipastikan kerusakannya terdapat pada SD Card.

2. Bersihkan memori Card

Sebelum masuk ke solusi perbaikan yang lebih teknis, pengguna dapat mencoba untuk membersihkan memori card. Kedengarannya sepele namun terkadang bisa memberikan dampak yang positif. Kartu SD yang sering dicopot dan dipasang rentan terkena berbagai macam jenis kotoran seperti debu dan partikel lainnya. Hal ini kemungkinan menjadi penyebab mengapa perangkat tidak bisa mendeteksi kartu SD.

Baca Juga  Cara┬áMematikan Anti virus McAfee untuk Sementara di Windows

Untuk membersihkan debu yang menempel, pengguna bisa menggunakan kain atau tisu berbahan lembut. Ini bertujuan agar kartu memori tidak lecet dan tergores. Jika kotoran melekat pada chip kuningan, pengguna harus membersihkannya dengan lebih teliti. Untuk membersihkan kotoran yang menempel di chip, disarankan untuk memakai penghapus alat tulis.

3. Gunakan Perintah CMD

Cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan menggunakan perintah CMD. Command Prompt (CMD) adalah tools bawaan Windows yang berguna untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah. Dengan CMD, pengguna juga bisa memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca pada perangkat.

Untuk menjalankan CMD, pengguna bisa menekan tombol kombinasi Windows + R secara bersamaan. Setelah itu, ketikkan perintah ‘cmd’ di kolom pencarian dan tekan Enter. Jika CMD sudah terbuka, langsung saja ketikkan perintam CHKSDK. Tekan Enter dan tunggu selama beberapa detik. Komputer akan otomatis memperbaiki segala jenis kerusakan yang dialami oleh memori card.

4. Tampilkan File Tersembunyi

Memori yang sering dipindah-pindahkan dari perangkat satu ke perangkat lain biasanya rentan akan serangan virus. Virus yang menjangkiti memori card akan menyembunyikan semua isi file sehingga memori card tidak bisa dibaca. Hal ini menyebakan perangkat tidak mendeteksi adanya file karena file tersebut sebelumnya telah disembunyikan.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Mengatasi Paket Bronet Axis Tidak Bisa Digunakan

Untuk mengecek file yang tersembunyi, colokkan SD Card ke slot reader di komputer. Setelah itu, masuk ke File Manager, pilih Tab View, dan centang kotak ‘Show hidden files’. Pengguna juga bisa menggunakan perintah CMD untuk menampilkan file yang tersembunyi ini. Jalankan CMD dan ketikkan command attrib -s -r -h *.* /s /d /l  lalu tekan Enter. Tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Format Kartu Memori

Jika sudah mengikuti semua instruksi diatas namun SD card masih tidak terbaca, maka solusi terakhir yang dapat dicoba adalah melakukan format pada memori card. Pasangkan memori card ke komputer dan buka File Manager. Klik kanan pada ikon kartu memori dan klik Format. Tunggu sebentar hingga memori benar-benar terformat dengan sempurna.

Demikian tadi 5 cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca yang bisa dicoba. Dengan adanya penjelasan diatas, pengguna kini tidak perlu bingung lagi apabila sewaktu-waktu memori card mengalami masalah.