Cara Mematikan Input Touchscreen pada Windows 7 dan Windows 10

Cara Mematikan Input Touchscreen pada Windows 7 dan Windows 10

Seiring perkembangan zaman, perangkat dengan input touchscreen bukan hanya pada smartphone saja namun tablet dan laptop kini tidak ketinggalan disisipi kemampuan tersebut. Sayangnya perangkat touchscreen yang sensitif saat disentuh kadangkala mengakses banyak tempat tanpa disadari. Tenang saja, hal tersebut bisa diatasi dengan cara mematikan input touchscreen yang mudah dilakukan pada berbagai OS.

Salah satu Operating System yang mendukung touchscreen adalah Windows. Laptop, tablet atau perangkat two in one lainnya yang sudah support pada layar sentuh, tetap bisa memberikan perintah dan menjalankan program di dalamnya dengan bantuan mouse dan keyboard. Jadi, menonaktifkan touchscreen tidak akan berpengaruh pada proses input program.

Menonaktifkan Input Touchscreen pada Windows 7

Banyak alasan kenapa seseorang ingin menonaktifkan touchscreen pada perangkatnya. Meskipun input ini merupakan hal yang paling utama pada perangkat tablet yang tidak dilengkapi mouse dan keyboard, terkadang mematikannya dapat memberikan kenyamanan agar tidak salah sentuh ketika memberikan perintah pada program. Untuk itu pengguna perlu menyediakan perangkat tambahan agar perangkat tetap bisa dijalankan.

Meskipun sama-sama keluaran Windows, versi Windows 7 memiliki perbedaan dalam pengaturan untuk mematikan input touchscreen. Agar tidak salah langkah dan touchscreen dapat segera dimatikan, ikuti langkah di bawah ini:

  • Jika perangkat merupakan tablet yang metode inputnya hanya berasal dari touchscreen, sediakan perangkat lain seperti mouse agar tetap dapat dijalankan setelah touchscreen dimatikan.
  • Masuk ke menu start yang ada pada layar atau dapat menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Carilah “Control Panel” dan klik pada menu tersebut.
  • Pada Control Panel di Windows 7 ini pengguna akan menemukan tulisan “Pen and Touch”. Jika tidak ada, tuliskan Pen and Touch pada kolom pencarian dan tekan enter.
  • Disana tekan pada sub menu “Touch” dan sistem akan mengeluarkan pop up baru.
  • Hilangkan centang pada tulisan yang mengindikasikan bahwa pengguna memakai jari sebagai perangkat input.
  • Setelah centang tersebut hilang, cobalah sentuh pada layar untuk memastikan apakah input touchscreen telah sukses dimatikan.

Menonaktifkan Input Touchscreen pada Windows 10

Cara mematikan input touchscreen pada Windows 10 pada dasarnya sama dengan perangkat lain. Sekali lagi, pastikan pengguna memiliki mouse atau keyboard yang bisa memberikan perintah ketika input touchscreen telah dinonaktifkan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke “Device Manager” dengan mengetikkannya di kolom pencarian atau dapat mencarinya pada menu “Control Panel”.
  • Pada pop up Device Manager pengguna akan menemukan banyak menu lain yang memiliki sub menu. Carilah menu yang bertuliskan “Human Interface Device” dan klik pada panah yang ada di sebelah kiri menu tersebut.
  • Setelah sub menu muncul, klik kanan pada “HID-compliant touch screen”.
  • Temukan tulisan “disable” pada menu baru yang muncul dan klik tulisan tersebut jika pengguna yakin untuk mematikan touchscreen pada perangkat.
  • Sebelum touchscreen dimatikan, pengguna akan dihadapkan pada message box yang mengatakan apakah pengguna yakin akan mematikan touchscreen karena jika dinonaktifkan fungsi touchscreen akan langsung berhenti. Tekan “yes” untuk menyetujuinya.
  • Maka, dengan ini touchscreen pada perangkat pengguna telah non aktif.

Jika ingin diaktifkan kembali, baik pada perangkat dengan Windows 7 atau Windows 10 cara mengaktifkannya sama dengan masing-masing langkah di atas. Bedanya, pada Windows 7 pengguna dapat menuliskan kembali kotak dengan centang dan pada Windows 10 dapat menekan “Enable” pada pilihan di HID compliant touchscreen tadi.

Itulah cara mematikan input touchscreen pada perangkat dengan OS Windows 7 dan Windows 10. Mulai dengan mematikan touchscreen, anak-anak yang seringkali mematikan layar perangkat pengguna tidak lagi bisa menekan sembarangan pada layar karena fungsi sentuhannya telah hilang.