Cara Mengatasi Spam di Facebook dengan Langkah Mudah

Cara Mengatasi Spam di Facebook dengan Langkah Mudah

Berteman dengan banyak orang di Facebook tentunya sangat menyenangkan. Pengguna dapat berbagi cerita dan menanggapi cerita dari pengguna lain. Namun jika sewaktu-waktu akun teman mendapati kiriman aneh dari akun pengguna, hal ini perlu dicurigai karena bisa jadi akun pengguna terkena spam. Perbaiki dengan cara mengatasi spam di Facebook agar masalah tidak berkepanjangan.

Meski dilengkapi keamanan, ada saja aplikasi atau sistem yang mampu membobol keamanan Facebook sehingga akun pengguna terkena spam tanpa disadari. Terkadang yang bisa mengetahui adanya spam adalah akun lain yang melapor. Sebelum timbul hal-hal tidak diinginkan yang ditimbulkan dari spam, simak uraian berikut sebagai cara mengatasinya:

Penyebab Akun Facebook Dikenai Spam

Ketika akun seringkali mendapatkan kiriman berupa gambar, video atau link dari akun lain di Facebook dan ternyata si pemilik akun tidak merasa mengirimkan hal-hal tersebut, bisa dipastikan akun tersebut kena spam. Hal ini juga dapat terjadi pada pengguna dimana pengguna tidak merasa mengirimkan apa-apa namun ada laporan bahwa akun yang berteman mendapatkan kiriman aneh.

Itulah salah satu cara spam bekerja dengan mengendalikan akun untuk mengirim hal-hal yang tidak diketahui pengguna. Hal ini bisa disebabkan oleh link tidak jelas yang pernah diklik pengguna. Jika mendapati hal demikian dan link yang diklik meminta memasukkan password dan email, abaikan link  tersebut dan segeralah keluar karena akan berujung pembajakan pada akun pengguna.

Ciri-ciri Akun Facebook yang Dikenai Spam

Biasanya pengguna tidak mengetahui secara langsung akun miliknya terkena spam. Cara praktis untuk mengetahui hal tersebut selain dari laporan pengguna Facebook lain, pengguna dapat mengecek pada history terkait apa saja aktivitas yang dilakukan akun pengguna belakangan. Pemantauan aktivitas ini dapat dilihat pada Log Aktivitas yang tersedia di menu Facebook.

Perhatikan daftar aktivitas tersebut. Tentunya pengguna akan menyadari aktivitas yang benar-benar dilakukan dan aktivitas mencurigakan yang tercatat pada log. Jika ada aktivitas seperti upload foto, menandai teman otomatis hingga membuat catatan pada waktu yang pengguna tidak menggunakan Facebook, dapat dinyatakan bahwa akun pengguna terkena spam.

Atasi Spam di Facebook dengan Cara Ini

Setelah sadar Facebook terkena spam, jangan dulu panik atau menghubungi seluruh teman untuk mengatakan bahwa kiriman dari pengguna merupakan ulah spam Facebook. Lakukan cara mengatasi spam di Facebook ini terlebih dulu agar spam segera berhenti:

1. Buang Aplikasi Mencurigakan yang Terkoneksi dengan Facebook

Ada kalanya ketika membuka aplikasi atau game, pengguna harus login dengan Facebook agar aplikasi atau game tersebut dapat diakses. Sayangnya, tidak semua program yang meminta akses Facebook memiliki keamaan yang baik sehingga tanpa disadari program yang dimasuki tersebut bisa mencuri data pengguna yang berada pada Facebook.

Untuk menghilangkan aplikasi mencurigakan, login ke Facebook seperti biasa dan akses menu “Pengaturan”. Disana pengguna dapat menekan “Aplikasi” untuk membuang aplikasi mencurigakan lalu klik silang dan hapus aplikasi yang dipilih. Aplikasi mencurigakan ditandai dengan warnanya yang abu-abu dan tidak memiliki gambar logo. Buang aplikasi semacam itu agar spam segera berhenti.

2. Melaporkan Spam pada Sistem Facebook

Cara satu ini sebenarnya cukup mudah jika spam yang ada belum terlalu banyak. Pengguna cukup melaporkan postingan-postingan aneh dengan menekan titik tiga yang ada pada sebelah kanan atas di masing-masing postingan. Salah satu pilihan pada menu tersebut berbunyi “Laporkan/Tandai sebagai spam”. Tekan pada opsi tersebut, dengan begitu Facebook akan memantau dan menindaklanjutinya.

Itulah cara mengatasi spam di Facebook yang dapat dilakukan sesegera mungkin jika akun terkena spam. Jika mendapati kiriman mencurigakan dari seorang teman Facebook, pengguna juga dapat memberitahukannya bahwa akun tersebut terkena spam. Maka, dengan begitu spam dapat segera diatasi dan pengguna pun terhindar dari kiriman mengganggu.