Pahami Cara Memutuskan Koneksi WiFi Orang Lain Tanpa dan Menggunakan Aplikasi

Pahami Cara Memutuskan Koneksi WiFi Orang Lain Tanpa dan Menggunakan Aplikasi

Saat ini, jaringan WiFi bukanlah sesuatu yang sulit untuk ditemui. Jika dahulu WiFi hanya diperuntukkan bagi kantor-kantor dan tempat hiburan, kini sudah banyak rumah yang mulai memasang WiFi. Masalah muncul ketika banyak pengguna ilegal yang terhubung ke WiFi secara misterius. Berikut ini adalah cara memutuskan koneksi WiFi orang lain tanpa aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi, antara lain:

Memutuskan Koneksi WiFi Orang Lain Tanpa Aplikasi

Bagi para pengguna yang tidak suka cara rumit, mengunduh aplikasi mungkin akan menjadi kegiatan yang sangat menyebalkan. Untuk itu, berikut ini adalah cara memutuskan koneksi WiFi orang lain tanpa menggunakan aplikasi, yaitu:

1. Ubah Sandi Secara Berkala

Saat ini, para pengguna ponsel sudah mulai cerdas dalam membobol jaringan WiFi milik orang lain. Hal ini disebabkan karena banyaknya tutorial atau petunjuk yang bisa dilihat melalui internet. Jika sandi WiFi terlalu mudah, maka potensi dibobolnya juga akan semakin tinggi. Untuk itulah, pengguna perlu mengganti sandi WiFi secara berkala.

Pengguna bisa mengganti sandi WiFi menggunakan kata kunci yang susah ditebak dengan sedikit kombinasi angka dan karakter. Jika sandi sulit ditebak, maka orang lain juga akan kesulitan untuk membobolnya. Disarankan untuk mengganti sandi WiFi seminggu sekali ataupun dalam rentang waktu yang lebih singkat.

2. Filter Alamat MAC

Setiap perangkat telekomunikasi seperti ponsel dan komputer selalu dilengkapi dengan MAC. MAC (Media Access Control) adalah serangkaian angka-angka unik yang terdapat pada setiap perangkat. Setiap perangkat di dunia ini memiliki alamat MAC yang berbeda-beda. Ini berguna untuk mengidentifikasi jenis hardware dan jaringan yang digunakan oleh perangkat.

Biasanya, jika orang lain terhubung ke jaringan WiFi, maka alamat MAC akan otomatis ditampilkan di server. Selain itu, bisa dimanfaatkan untuk memblokir perangkat tersebut. Pengguna cukup masuk ke browser dan kunjungi alamat  192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Masuk menggunakan username dan kata sandi admin milik pengguna. Setelah itu, masuk ke bagian Wireless dan seleksi alamat MAC mana yang akan diblokir.

3. Lakukan Blacklist Pengguna

Tak semua jenis provider menyediakan fitur filter alamat MAC. Sebagai gantinya, provider menyediakan fitur blacklist yang langsung dapat memblokir pengguna yang tidak diinginkan. Fitur ini biasanya terdapat di menu Manajemen Perangkat. Pengguna cukup masuk ke menu melalui Access Point seperti biasa. Setelah itu, masuk ke menu Manajemen Perangkat dan klik Blokir pada perangkat yang tidak diinginkan.

Memutuskan Koneksi WiFi Orang Lain Menggunakan Aplikasi

Selain tanpa aplikasi, pengguna juga bisa memblokir jaringan WiFi milik orang lain dengan menggunakan aplikasi atau software tertentu. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan, antara lain:

1. Who Is On My WiFi

Software ini adalah program luar biasa untuk mendeteksi dan menghapus perangkat pada koneksi WiFi. Who Is On My WiFi bekerja dengan memindai dan mengidentifikasi koneksi WiFi untuk koneksi yang tidak dikenal. Pertama, perangkat lunak memindai rentang alamat koneksi dan menunjukkan jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi.

Setelah jaringan yang tidak dikenal terdeteksi, pengguna akan menerima peringatan yang memberi tahu informasi tentang perangkat. Selain itu, pengguna dapat mengonfigurasi interval pemindaian sesuai keinginan dalam rentang waktu 2 menit, 5 menit, dan 10 menit.

2. Fing

Fing merupakan software Android yang dapat diunduh langsung melalui Play Store.  Aplikasi ini berfungsi sebagai pengganti control panel pada browser. Melalui Fing, pengguna bisa melihat daftar user yang terhubung jaringan. Pengguna juga bisa memblokir permanen pengguna ilegal yang tidak diinginkan. Secara keseluruhan, aplikasi ini benar-benar sangat berguna.

Demikian tadi cara memutuskan koneksi WiFi orang lain tanpa aplikasi dan dengan aplikasi yang bisa dicoba. Dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas, kini pengguna tidak perlu bingung lagi jika ingin memblokir pengguna WiFi yang ilegal.