Cara Mengganti Nama Wifi Indihome dengan Mudah

Cara Mengganti Nama Wifi Indihome dengan Mudah

Hampir semua tempat kini telah memanfaatkan fasilitas WiFi, baik di kafe maupun di rumah pribadi. Ketika pertama kali melakukan registrasi WiFi di Indihome, pelanggan pastinya diminta untuk membuat username. Pemilihan username atau nama dari WiFi ini nyatanya bisa diubah kapanpun pelanggan mau menjadi nama yang diinginkan. Berikut merupakan beberapa cara mengganti nama WiFi Indihome, antara lain:

1. Masuk ke Browser dan Ketikan Kode

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke browser yang dimiliki, seperti Chrome, lalu ketikkan alamat IP dari router atau modem yang dimiliki pada search bar. Router yang paling sering digunakan adalah router ZTE dengan kode 192.168.1.1. Pihak Telkom memang kebanyakan memberi router ZTE pada pelanggannya. Namun demikian, setiap router memiliki alamat IP nya masing-masing yang berbeda-beda.

Untuk alamat IP dari router Huawei sendiri adalah 192.168.1.1 atau 192.168.1.254, atau bisa juga 192.168.0.1. Sedangkan untuk router TP-Link adalah 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Alamat IP lainnya dapat ditemukan dengan mudah di  mesin pencari.

2. Lakukan Logindi Halaman yang Tersedia

Setelah memasukkan alamat IP tersebut, maka pengguna akan diarahkan pada sebuah halaman login. Masukkan username serta password untuk dapat login. Berikutnya, klik opsi Login. Apabila pengguna belum pernah mengganti username ataupun password WiFi, maka data untuk login ini dapat dilihat pada perangkat router. Disana akan tersedia data default untuk bisa melakukan login.

Namun, apabila pengguna lupa akan username dan passwordnya, langsung hubungi pihak Telkom. Password dari WiFi ini biasanya jarang diganti oleh pihak Telkom. Namun jika lupa akan passwordnya, maka pengguna dapat langsung menghubungi pihak Telkom.

3. Pilih TabNetwork

Langkah berikutnya untuk cara mengganti nama WiFi Indihome adalah dengan masuk ke tab Network. Setelah login berhasil, pengguna akan diarahkan masuk ke sebuah halaman informasi mengenai device WiFi yang digunakan. Mulai dari model, nomor seri, versi, PON serial number, sampai password dari WiFi tersebut. Terdapat pula beberapa tab pada tampilan ini.

Pilih tab Network yang ada di bagian atas tampilan halaman, tepat di antara tab Status dan Security. Jika memang tidak ada, maka bisa pilih opsi menu Wireless, lalu pilih Network. Lalu akan muncul sebuah tampilan baru disana.

4. Masuk ke SSID Setting

Cara mengganti nama WiFi Indihome berikutnya adalah dengan klik opsi WAN pada bagian kiri layar, pilih WLAN. Setelahnya, masuk ke Milti-SSID Settings. Disana akan muncul halaman baru berisikan informasi mengenai SSID atau Service Set Identifier. SSID ini merupakan nama suatu jaringan yang dapat mengidentifikasi WiFi kepada penggunanya. SSID ini biasa lebih dikenal dengan sebutan Hotspot.

5. Ganti Nama WiFi

Pada bagian SSID Name, pengguna dapat mengganti nama WiFi menjadi yang diinginkan. Hapus nama lama yang ada dan ganti dengan nama baru yang diinginkan. Namun ada beberapa syarat dalam penamaan WiFi ini, seperti hanya boleh maksimal 32 buah karakter. Nama diatas 32 karakter tidak akan diterima dan pengguna akan diminta untuk mengganti username-nya. Terakhir, klik opsi Submit untuk menyimpan nama yang telah diubah.

Demikian, cara mengganti nama WiFi Indihome dengan mudah. Seiring dengan perkembangan jaman, WiFi ini merupakan hal pertama yang biasa ditanyakan oleh pelanggan ketika berkunjung ke sebuah tempat. Oleh karena itu, penting nama WiFi ini untuk dapat merepresentasikan rumah makan maupun kafe yang dimiliki tersebut. Dengan cara diatas, pengguna mudah mengubah nama WiFi.