Cara Mengatasi Daya Baterai Lama Terisi yang Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Daya Baterai Lama Terisi yang Terbukti Ampuh

Bagi beberapa orang, HP merupakan pusat segala kegiatan. Terlebih di masa pandemi, sebagian besar orang sangat bergantung pada informasi dan teknologi. Dengan begitu, daya HP diperlukan untuk selalu terisi agar dapat melancarkan aktivitas. Dalam pengisian baterai, belum semua pengguna memakai HP dengan fitur fast charging atau pengisian daya cepat. Berikut dijelaskan cara mengatasi baterai lama terisi, antara lain:

1.  Menggunakan Kabel Berkualitas

Kabel pengisi daya sebaiknya bukan imitasi. Kabel data dengan kualitas rendah mempengaruhi hantaran daya listrik ke dalam baterai HP. Jika belum bisa membeli kabel data original pabrik, maka bisa gunakan kabel data yang bagus hantaran daya listriknya. Daya listrik yang tersendat karena kabel yang tidak mumpuni, akan berpengaruh pada ketahanan baterai.

Selain kualitas kabel, pengguna juga perlu memperhatikan perawatan kabel. Memakai kabel tanpa menyimpan dengan baik juga bisa memperlambat pengisian baterai. Hindari menggulung kabel atau merenggangkan kabel dengan cara yang salah. Hal tersebut dapat menyebabkan bagian dalam kabel terputus.

2.  Ganti Port Pengisian Daya di HP, Jika Rusak

Pencabutan kabel yang salah atau kesalahan dalam memasang kabel ke port pengisian daya akan membuat port longgar. Korosi juga bisa terjadi pada lubang charging apabila terlalu sering terpapar debu. Jika harus mengganti port micro USB, pengguna bisa menemui petugas pusat servis nomor pabrik HP. Penanganan tanpa ahli dikhawatirkan akan memperparah kerusakan yang tidak diinginkan.

3.  Berhenti Menjalankan Aplikasi Berat saat Pengisian Daya

Ketika memilih HP yang tak memiliki fitur pengisian cepat, pengguna sebaiknya bersabar untuk menunggu baterai terisi. HP yang lambat mengisi daya, dayanya akan lama terkuras. Ketika baterai diisi, pengguna juga tidak disarankan menjalankan aplikasi yang memberatkan kerja HP. Hal ini yang membuat baterai terpakai dayanya ketika diisi. Dengan demikian daya yang masuk hanya mengisi daya yang berkurang.

4.  Menghindari Pemakaian Berlebih Ketika Pengisian Daya Berlangsung

Apabila tidak terlalu penting, sebaiknya menunda untuk menggunakan HP. Jika ada yang menghubungi, disarankan agar menggunakan headset atau menyampaikan bahwa sedang mengisi daya HP. Dengan ini, pengguna dapat menyesuaikan diri dengan pengisian daya yang lama.

5.  Gunakan Adaptor Charger yang Original

Selain kabel, adaptor juga perlu diperhatikan. Sebenarnya adaptor yang baik untuk ponsel adalah yang original. Hal ini karena penggunaan adaptor yang palsu dapat menyebabkan lambatnya pengisian baterai. Jika ingin digunakan, usahakan tidak setiap saat. Hal ini bisa berpengaruh pada baterai. Adaptor yang bukan original juga tidak memiliki daya tahan yang lama.

6.  Mengecek Ketahanan Baterai HP

Baterai yang sudah terlalu tua akan mengalami kegagalan pengisian daya. Ciri yang terlihat seperti baterai yang kembung dan mudah drop ketika digunakan tidak dapat digunakan terus menerus. Hal ini akan berpengaruh pada kerja prosesor yang menggunakan baterai.

7.  Gunakan Sumber Listrik yang Prima

Sumber yang digunakan listrik sebaiknya adalah sumber listrik dari satu daya yang normal. Apabila menggunakan sumber listrik dari laptop, pengisian akan menjadi kurang maksimal dan lama. Cara mengatasi baterai lama terisi adalah sumber listrik dari wireless charger. Hal ini dikarenakan mengisi tanpa kabel menghantarkan energi lebih rendah daripada mengirim dengan kabel.

Itulah cara mengatasi baterai lama terisi yang bisa diterapkan sebagai cara mengatasi daya baterai terisi lama. Pengguna Hp tanpa fitur fast charging sebaiknya mengendalikan penggunaan Hp dan bisa melakukan hal lain tanpa menggunakan ponsel. Pengguna bisa menghabiskan waktu di dunia nyata atau mengisi aktivitas dengan hal yang lebih produktif.