Tidak Perlu Bingung, Inilah 5 Cara Mematikan GPS Mobil dengan Mudah

Tidak Perlu Bingung, Inilah 5 Cara Mematikan GPS Mobil dengan Mudah

Belakangan ini, penggunaan GPS dalam mobil sudah menjadi hal yang lumrah. Semakin banyak mobil yang dipasangi dengan GPS yang disambungkan dengan ponsel pribadi untuk meningkatkan keamanan serta keselamatan penggunanya. Meski demikian, belum banyak yang mengetahui cara mematikan GPS mobil. Ikutilah pembahasan mengenai langkah untuk mematikan GPS saat tidak sedang diperlukan dan ingin dinonaktifkan untuk sementara waktu:

1. Menggunakan Fitur Cut Engine

Buka aplikasi di ponsel yang sudah terhubung dengan GPS di mobil. Beberapa GPS yang dipasang di dalam mobil memiliki satu kesatuan dengan aplikasi yang terdapat dalam ponsel penggunanya. Hal ini berarti, pengguna leluasa untuk memantau pergerakan, mengelola, mengaktifkan, dan tentunya juga mematikan GPS.

Pengguna tinggal mengakses aplikasinya kemudian mencari menu cut engine untuk menonaktifkan fungsi dari GPS. Saat ini sudah semakin banyak apps GPS yang bisa digunakan untuk mobil. Jadi, meski kendaraan tidak dipasangi dengan GPS bawaan masih bisa ditambahkan sendiri melalui aplikasi. Pastikan aplikasinya memiliki cut engine sehingga dapat dimatikan kapan saja.

2. Mengirim SMS

Bukalah bagian pesan singkat (SMS) di ponsel untuk mematikan GPS. Kecanggihan teknologi sekarang juga memungkinkan penggunanya untuk mematikan GPS mobil melalui pesan teks saja. Alat GPS yang terpasang di mobil sebenarnya sudah dilengkapi dengan nomor yang terhubung, yaitu ponsel pribadi pengguna. Oleh karena itu, pengguna yang perlu menonaktifkan GPS untuk sementara waktu tinggal mengirimkan pesan berupa kode untuk mematikannya. Cara mematikan GPS mobil dengan SMS selanjutnya yaitu mengirimkan kodenya menuju nomor seluler yang telah dipasang di perangkat GPS.

3. Mencabut Alatnya dari Mobil

Pertimbangkan untuk melakukan metode manual jika memiliki skill yang cukup baik dalam bongkar pasang, apalagi jika pemasangan GPS sebelumnya dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Pengguna yang hendak mematikan GPS mobil bisa melakukannya dengan langsung mencabut alatnya dari mobil.

Perlu diingat untuk berhati-hati ketika melepaskannya, sehingga tidak salah tarik kabel dan justru mengakibatkan gangguan pada area mesin yang lain. Lakukan dengan perlahan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

4. Memakai GPS Jammer

Gunakan alat GPS Jammer. Alat ini adalah pendeteksi sinyal dalam GPS yang dipasang di mobil. Tidak hanya mendeteksi sinyal, namun juga bisa mematikannya. Ini merupakan cara mematikan GPS mobil yang relatif aman dan mudah. Cara kerjanya sederhana, pengguna bisa meletakkan alat GPS Jammer di kabin mobil.

Tunggulah untuk beberapa saat, biasanya prosesnya sekitar lima menit dan dengan sendirinya sinyal GPS otomatis menghilang kemudian mati. Meski demikian, perlu pertimbangan juga saat menggunakan alat ini terlalu lama karena ada kemungkinan mengganggu sinyal pada ponsel pintar.

5. Meminta Bantuan Teknisi

Tidak perlu ragu untuk menghubungi teknisi apabila merasa ragu untuk mencabut alat GPS dari mobil, karena jika keliru mencabut kabel bisa terjadi gangguan contohnya notifikasi yang terputus dari ponsel. Teknisi memiliki pengalaman yang cukup banyak untuk mengatasi permasalahan dalam GPS mobil, termasuk mencabutnya. Cara ini relatif aman karena dengan bantuan yang lebih berpengalaman, kerusakan yang mungkin terjadi akan diminimalisir dan bisa menanyakan lebih lanjut mengenai alat GPS kepada teknisi.

Itulah beberapa cara mematikan GPS mobil yang dapat dicoba. GPS memang memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, namun ada kalanya pengguna merasa tidak memerlukan adanya pelacak yang bisa mengetahui keberadaan mobil. Sebelum mematikan GPS, pastikan untuk mencari tahu juga cara untuk menyalakannya kembali sehingga tidak bingung ketika akan digunakan lagi.