Cara Mematikan Laptop Menggunakan Keyboard, Mudah dan Cepat

Cara Mematikan Laptop Menggunakan Keyboard, Mudah dan Cepat

Penggunaan laptop sudah bukan lagi hal yang eksklusif. Saat ini, sebagian besar masyarakat memilikinya. Banyak aktivitas yang membutuhkan laptop, seperti bekerja dan bersekolah. Demi kepraktisan dan efisiensi penggunaan, laptop ternyata dapat dimatikan dengan keyboard. Cara mematikan laptop menggunakan keyboard ternyata cukup mudah dan terdiri dari beberapa opsi, diantaranya:

Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengetahui cara mematikan laptop menggunakan keyboard, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya masalah pada laptop. Berikut ini hal yang dapat menyebabkan gangguan saat proses mematikan laptop sehingga perlu dihindari:

1. Menutup Aplikasi

Pastikan bahwa semua aplikasi yang terbuka di laptop telah menutup (close). Aplikasi yang masih terbuka dapat menyebabkan data atau pekerjaan tertentu hilang jika laptop dimatikan tanpa menutup apps terlebih dahulu. Disarankan juga untuk tidak meninggalkan USB, CD, disk lepas dan sejenisnya tanpa dikeluarkan. Beberapa hal yang tertinggal dalam laptop tersebut bisa menghambat sistem untuk mematikan dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan macet.

2. Menghapus Cache

Lakukan penghapusan cache dari browser internet. Hal ini berguna untuk mengatasi terjadinya lemot pada saat laptop dimatikan dan dinyalakan kembali nantinya. Tidak hanya internet, hapus cache lainnya melalui fitur “Registry” agar tidak menyebabkan penuh dan muncul error di laptop. Saat nantinya proses shutting down berjalan, jangan langsung menutup laptopnya sebelum selesai dengan sempurna. Hal ini dapat berakibat pada laptop yang tidak mati secara sempurna, dan hanya berpindah menuju mode sleep.

Cara Mematikan Laptop Menggunakan Keyboard

Setelah memperhatikan hal yang telah disebutkan sebelumnya, pengguna sudah bisa mematikan laptopnya dengan bantuan keyboard. Berikut beberapa metode yang dapat dicoba dengan mudah dan cepat:

1. Tombol ALT+F4

Pastikan bahwa laptop telah berada dalam keadaan siap untuk dimatikan dan tidak ada aplikasi yang belum ditutup. Cara pertama ini adalah metode yang paling singkat dan bisa diselesaikan dengan dua tombol saja. Tekanlah tombol ALT, kemudian ikuti dengan F4. Tahan untuk beberapa detik, akan ditampilkan beberapa pilihan termasuk “Shut Down”. Ketuk pada pilihan tersebut, kemudian tab enter. Secara otomatis laptop diperintahkan untuk melakukan Shut Down, lalu dinonaktifkan dengan sendirinya.

2. Tombol Ctrl+AlT+DEL

Carilah tombol bertuliskan CTRL yang letaknya ada pada pojok kiri bawah dari keyboard. Bersamaan dengan itu, tekan juga tombol ALT beserta DEL. Berikutnya layar akan menampilkan beberapa pilihan, ketuk pada tulisan “Shut Down”. Opsi ini bersifat multifungsi. Selain berguna untuk mematikan laptop, metode ini juga cocok digunakan ketika laptop mengalami hang dan tidak bisa berfungsi lancar dengan memunculkan box yang bisa mengakhiri proses pada program tertentu yang menyebabkan error.

3. Tombol Windows

Tekan pada lambang Windows yang terdapat pada keyboard. Sesudah itu, gerakkan tombol panah pada keyboard ke atas atau ke bawah untuk memilih opsi “Shutdown” dari beberapa pilihan yang tersedia. Setelah memilihnya, laptop akan dimatikan. Opsi ketiga ini juga bisa diperuntukkan bagi laptop dengan sistem operasi Windows XP.

Hanya ada sedikit perbedaan dalam langkah keduanya. Setelah menekan lambang Windows, berikutnya ketik U dan U, dengan demikian laptop akan diperintahkan untuk mematikan sistemnya dan perlahan akan melakukan Shut Down.

Demikian informasi seputar cara mematikan laptop menggunakan keyboard. Trik seperti ini sangat penting untuk diketahui sehingga jika terdapat masalah pada mouse atau tombol laptop, pengguna masih bisa mematikannya dengan cara lain. Pada zaman sekarang, pengetahuan akan teknologi mendasar menjadi hal yang penting sehingga bisa menyelesaikan beberapa hal dengan efisien.