Cara Mematikan Google Smart Lock dengan 2 Metode Sederhana

Cara Mematikan Google Smart Lock dengan 2 Metode Sederhana

Perusahaan Google terus mengembangan fitur yang dapat membantu pengguna teknologinya untuk bereksplorasi dan mencoba berbagai kemudahan yang ditawarkan, contohnya menghadirkan Google Smart Lock. Fitur ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan password yang dimiliki pengguna. Walaupun sangat bermanfaat, ada juga pengguna yang ingin mematikannya untuk sementara. Cara mematikan Google Smart Lock telah dijelaskan oleh Google dalam pusat bantuannya. Berikut ini cara mudahnya:

Mematikan dari Pengaturan

Pengaturan ponsel menjadi tempat tujuan utama para pengguna smartphone ketika ingin melakukan perubahan dalam perangkatnya. Bagian Settings ini memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik pengaturan sehingga penggunaan ponsel bisa lebih maksimal, contohnya menonaktifkan Google Smart Lock saat tidak ingin digunakan dalam apps tertentu. Berikut ini tips sederhananya:

1. Mengakses Menu Pengaturan

Bukalah bagian pengaturan yang ada dalam ponsel. Biasanya menu ini berbentuk roda gigi dengan warna abu-abu, yang merupakan pusat kendali untuk mengatur berbagai hal dalam perangkat. Geserlah ke bawah sampai menemukan tulisan Google. Kemudian, pengguna dapat memilih akun yang fiturnya ingin dinonaktifkan. Pada bagian ini pilihlah akun Google.

2. Masuk ke Bagian Keamanan

Geser layarnya ke arah kanan, lalu cari menu bertuliskan “Keamanan”. pada bagian ini, akan muncul beberapa sub menu, pilihan pada opsi “Pengelola Sandi” yang bertugas mengatur kata kunci dan fungsi keamanan lainnya dalam ponsel. Berikutnya, daftar aplikasi yang memiliki sandi tersimpan akan muncul. Inilah yang menyebabkan aplikasi sudah ter log in sendiri tanpa pengguna mengetikkan sandinya. Pilihlah mana saja aplikasi yang hendak dinonaktifkan fungsinya dengan memberikan tanda centang.

3. Memilih Aplikasi

Masukkan kode keamanan untuk menonaktifkan fungsi. Bisa password, sidik jari, ataupun pola khusus tergantung pengaturan ponselnya. Sesudah bagian keamanan terkonfirmasi, pengguna sudah bisa mematikan Google Smart Lock pada aplikasi terpilih sehingga apps-nya tidak akan melakukan log in otomatis seperti biasanya.

Mematikan dari Google Chrome

Salah satu browser yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna internet di masa kini adalah Google Chrome. Lambangnya berwarna biru muda berbentuk seperti bola dengan lingkaran di bagian tengah. Melalui browser pengguna dapat mematikan sementara fungsi dari Google Smart Lock.

Sebenarnya tidak hanya melalui Chrome tapi juga browser lainnya seperti UC Browser atau Mozilla. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara menonaktifkannya memakai Google Chrome, dengan langkah berikut:

1. Mengakses Google Chrome

Bukalah browser Google Chrome. Pada kolom pencarian, masukkkan link https://myaccount.google.com/ lalu klik enter. Sebelumnya, pastikan bahwa pengguna sudah masuk ke Google account yang fiturnya ingin dinonaktifkan sehingga tidak keliru memakai akun lain. Sama seperti di Pengaturan tadi, geser kanan sampai menemukan menu “Keamanan” lalu segera menuju opsi “Pengelola Sandi”.

2. Memilih Aplikasi

Perhatikan pada nama-nama aplikasi yang ditampilkan dalam menu “Pengelola Sandi”. Selanjutnya, pilih dan tentukan mana saja apps yang akan dimatikan fungsi Google Smart Lock-nya. Sesudah memilih, pengguna bisa memasukkan password dari akun Google-nya. Selesai, proses penghapusan Google Smart Lock di akun terpilih sudah berlangsung dan tidak akan ter log in lagi tanpa pengguna sendiri yang masuk secara manual.

Demikianlah informasi tentang cara mematikan Google Smart Lock yang bisa diselesaikan menggunakan dua metode, yaitu fungsi pengaturan ponsel dan juga browser. Cara ini penting untuk diketahui, karena hampir semua ponsel pintar sekarang telah dilengkapi dengan fitur ini secara otomatis, terutama yang berkaitan dengan Google. Sekarang pengguna sudah bisa mematikan fungsinya pada beberapa aplikasi tertentu saja sesuai keperluan.