Mudah! Inilah 5 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Mudah! Inilah 5 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Sering kali Microsoft mengeluarkan update-an terbaru melalui laptop maupun PC dengan otomatis. Hal ini berguna untuk mencegah dari ketertinggalannya zaman. Pastinya hal ini, akan sangat merepotkan jika memang harus rela kehilangan data karena otomatis terupdate dan tidak sempat menyimpan. Akhirnya, banyak pengguna yang ingin mencari tahu cara mematikan update otomatis Windows 10 di internet.

Mengupdate otomatis membutuhkan ruang sangat besar, pastikan selalu menghapus file atau sampah agar berjalan baik. RAM dengan kapasitas memori kecil biasanya akan membuat laptop ataupun komputer menjadi lambat. Bagaimana cara untuk mematikan update otomatis Windows 10? Berikut 5 langkah yang dapat dilakukan:

1. Memakai Fitur Menunda Pembaruan

Menunda pembaruan adalah pilihan tepat untuk pengguna yang ingin menghentikan pembaruan otomatis. Fitur ini sudah ada di semua komputer maupun laptop. Menjadi pilihan membuat fitur ini juga ada minusnya. Cara mematikan update otomatis Windows 10 ini mempunyai jangka waktu yang sangat lama.

Letak dari fitur menunda pembaruan ini ini pada “update & security” di menu pengaturan. Akan ada beberapa pilihan diantaranya adalah windows update. Muncul kolom kosong disamping tulisan “defer upgrade” beri centang dan selesai.

2. Memanfaatkan Sambungan Terukur

Sambungan terukur (metered connection) adalah pilihan kedua yang menjadi andalan pengguna laptop ataupun PC. Terdapat fitur pembatasan internet yang sudah terukur dengan baik. Sambungan terukur ini sudah ada dalam WiFi di “network & internet” .

Gulirkan mode on untuk menghidupkan fitur sambungan terukur ini, dan jika sudah terhubung maka otomatis penggunaan atau akses internet pun akan dibatasi. Selain menghentikan pembaruan otomatis, fitur ini menjadikan hemat pada kuota internet juga. Pastinya akan aman dan tidak terlalu beresiko jika dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Memanfaatkan Area Konfigurasi Terpusat pada Windows

Area Konfigurasi Terpusat (control panel) adalah salah satu fitur yang memang sudah bawaan pada komputer. Pengguna dapat membuka tab menu lalu pilih control panel. Setelah itu, dapat memilih administrasi tools di menu system and security.

Untuk melakukan update, pengguna dapat memilih windows update ubah pengaturan dari posisi able menjadi disable. Setelah sudah, pilih stop lalu klik ok. Jika memang mau mengubahnya menjadi otomatis lagi bisa dengan klik start ya.

4. Menonaktifkan Windows Update

Selanjutnya cara keempat adalah nonaktifkan Windows update. Caranya mudah sekali, cari dalam menu bar posisi kanan pojok bawah ketik saja Service. Selesai itu, klik mouse bagian kanan, pilihlah run as administrator. Geser ke bawah hingga muncul tulisan entri Windows update ya.

Terdapat kotak yang jika tulisannya running, tinggal klik mouse bagian kanan lalu klik juga stop. Terakhir adalah pada menu properties langsung klik mouse bagian kanan kanan. Pilihan ini adanya dibawah startup type. Lanjut pilih disable kemudian ok. Selesai

5. Menggunakan Pusat Bantuan

Langkah akhir cara mematikan update otomatis Windows 10 ini adalah dengan bantuan dari pusat yakni Group policy. Pastinya langkah ini akan membutuhkan waktu lama tergantung dari pemakaian laptop ataupun PC-nya. Cara menggunakannya tulislah “gpedit.msc” di menu pencarian atau dengan bar windows plus R.

Beri tulisan “configuration+administrative templates+windows component+windows update+edit”. Sesudah ditulis akan langsung berubah, yang awalnya otomatis update menjadi notify for download and notify for install dan selesai.

Langkah diatas mudah sekali digunakan semua pengguna dalam menghentikan update otomatis di PC ataupun laptop. Pasalnya cara mematikan update otomatis Windows 10, ramai sekali dikunjungi oleh pengguna karena mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Akan tetapi, jangan menghentikan pembaruan otomatis permanen dan berkelanjutan, itu sangat tidak dianjurkan.

Mengingat semakin maju teknologi zaman sekarang pastinya pembaruan dalam Windows juga akan semakin canggih. Kalau tidak diperbaharui pastinya akan menghambat pemakaian. Sebelum hal itu terjadi, maka mengikuti cara diatas adalah sebuah pilihan tepat yang dapat dipraktekkan siapa saja.