Ketahui Cara Mengunci Aplikasi Samsung, Agar Data Pribadi Terselamatkan

Ketahui Cara Mengunci Aplikasi Samsung, Agar Data Pribadi Terselamatkan

Mengunci sebuah aplikasi di ponsel Samsung merupakan hal yang lumrah. Fitur ini memungkinkan pemilik ponsel untuk mengunci setiap aplikasi agar tidak dapat diakses orang lain. Pada dasarnya cara mengunci aplikasi Samsung dapat dilakukan menggunakan dua metode. Caranya melalui pengaturan ponsel itu sendiri atau menggunakan bantuan aplikasi. Berikut penjelasan kedua cara ini:

Mengunci Aplikasi Lewat Pengaturan Ponsel

Samsung merupakan salah satu brand smartphone terbaik dan terbesar. Dimana setiap produk keluaran perusahaan ini memang telah dilengkapi dengan fitur canggih nan menarik. Bagi sobat gadget yang bingung mencari cara mengunci aplikasi Samsung, pengguna bisa mulai untuk melakukannya hanya melalui pengaturan internal ponsel. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Langkah pertama yakni masuk pada menu “Pengaturan” ponsel atau “Setting”.
  • Pada tampilan berikutnya pilih opsi “Lock Screen And Security” untuk mulai melakukan penguncian aplikasi, serta akan ditampilkan di halaman utama.
  • Berikutnya, pilih opsi “Other Security Setting”, yang berguna untuk melihat sistem pengaturan lainnya.
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi “PIN Windows”, kemudian tekan tombol untuk mulai menghidupkan layanan penguncian aplikasi.
  • Pengguna bisa memilih pola atau berupa PIN.
  • Hidupkan layanan “Notification Setting”, lalu tekan “Done”.
  • Jangan lupa untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin ditampilkan pada layar utama.
  • Pengguna juga bisa menekan tombol “Recent Application Key”.
  • Apabila telah muncul icon PIN di bawah, maka pengguna hanya tinggal tekan “Start”.
  • Kemudian tekan opsi “Recent Application Tap” dan juga “Back Key” bersamaan untuk melepas ke layar utama.
  • Terakhir, pengguna hanya tinggal memasukkan setidaknya 4 digit angka untuk digunakan sebagai PIN penguncian.

Mengunci Aplikasi Lewat Bantuan Aplikasi Applock

Applock merupakan sebuah aplikasi keamanan yang biasanya digunakan untuk mengunci aplikasi atau menu tertentu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Fingerprint. Fitur ini dapat dinikmati pada perangkat pada versi android 6.0 ke atas. Berikut ini tahapan penggunaan Applock, yaitu:

1. Instal Aplikasi

Langkah pertama, pengguna bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Play Store. Tidak perlu waktu lama atau media penyimpanan yang besar, sebab aplikasi ini tergolong kecil dan sangat ringan. Caranya yakni masuk ke Play Store dan ketikkan pada kolom pencarian “Applock”.

2. Buka dan Masuk Aplikasi

Setelah berhasil terpasang, sobat gadget cukup menjalankan aplikasi ini hingga muncul sebuah notifikasi pada layar ponsel. Bahkan pengguna tidak harus daftar untuk menggunakan aplikasi ini. Hal ini membuat aktivitas pengguna dengan aplikasi ini berjalan cepat.

3. Membuat Pola

Pada tahapan ini, sobat gadget bisa membuat pola. Pola yang dibuat terserah keinginan pengguna. Usahakan untuk tidak terlalu rumit agar mudah diingat. Setelah itu, konfirmasi ulang pola yang sudah dibuat tadi sebagai metode passcode utama.

4. Tambahkan Alamat Email

Jika poin 3 telah selesai, maka pengguna bisa melengkapi proses ini dengan menyertakan alamat email aktif. Hal ini bertujuan agar apabila suatu saat lupa pola atau kode yang dibuat tadi, bisa diverifikasi menggunakan alamat email. Jika sudah klik saja “Save”.

5. Memilih Aplikasi yang Akan Dikunci

Langkah terakhir yakni memilih beberapa aplikasi yang ingin dikunci. Tentu ada banyak aplikasi dalam ponsel, bukan? seperti WhatsApp, Facebook dan masih banyak lainnya. Tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi “Locked”, atau gambar dengan gembok hijau. Dengan begitu, aplikasi telah berhasil dikunci.

Mengetahui cara mengunci aplikasi Samsung merupakan solusi pintar untuk mengamankan aplikasi penting dari sentuhan pihak yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja, ponsel kesayangan hilang atau dicuri orang. Maka dari itu metode ini bisa dilakukan agar semua data penting tidak dijamah orang lain.