Ampuh! 7 Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot yang Mudah Dilakukan

Ampuh! 7 Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot yang Mudah Dilakukan

Cara mengatasi sinyal XL lemot tentu ingin diketahui oleh seluruh pemakai layanan XL. Saat internet tiba-tiba lemot, semua pemakai pasti kesal apalagi yang sedang melakukan tugas penting dan mengalami kerugian karenanya. Biasanya yang membuat internet lemot bisa karena hujan, ada upgrade yang dikerjakan, gangguan dan jauh dari menara pemancar. Berikut beberapa cara mengatasinya;

1. Memakai Setting APN yang Cocok

Cara mengatasi sinyal XL lemot dapat dimulai dengan menata settingan APN pada smartphone sesuai kebutuhan. Pilih Akses Point Nama keren, stabil dan fast supaya pemakai tak merasakan kelemotan lagi. Di hampir seluruh smartphone, cara menatanya ialah seperti ini, pilih pengaturan kemudian koneksi, diikuti dengan jaringan dan APN kemudian klik tambah.

Pengguna dapat memilih APN disable. Sesudah selesai, tata APG 4G LTE XL yang paling cepat dengan merubah Nama APN dan APN-nya. Contoh masuk nama APN: XL Super, APN: www.xlsuper.net atau nama APN: XL 4G, APN: www.xl4g.net.

2. Membuang Cache

Sampah atau yang dikenal cache punya dampak besar untuk para pengguna jaringan XL. Jika ada banyak cache dipastikan jaringan akan lemot. Setelah tahu betapa mengganggunya jangan lupa untuk membuang cache. Bila tak cukup waktu membersihkan cache dari satu persatu aplikasi, pemakai boleh menginstal apps CCleaner ataupun CleanMaster. Setelah terpasang, jalankan secara berkala misalkan setiap dua kali sekali.

3. Mendelete History Browser

Cara mengatasi sinyal XL lemot berikutnya adalah menghilangkan data history. Sama seperti cache bila smartphone kepenuhan dengan history maupun isi lain membuat performance-nya lambat dan internet ikut-ikutan menjadi lemot. Jadi, jangan lupa bersih-bersih history pada kotak alamat. Cara delete history tidak sulit, klik titik tiga, akses histori diikuti delete data penjelajahan.

4. Memakai Apps Penguat Sinyal

Jika koneksi internet pada smartphone tak pulih setelah waktu lama, pakailah apps penguat sinyal khusus smartphone guna membuat kuat sinyal XL. Banyak apps pembuat kuat sinyal tanpa bayar yang bisa diunduh pemakai ponsel. Cukup pilih salah satunya dan pergunakan untuk memperoleh internet yang kuat. Cari di Google Play Store atau App Store untuk menemukannya.

5. Memakai Antena Penguat Sinyal

Disamping memakai apps pembuat kuat sinyal, cara mengatasi sinyal XL lemot diatasi dengan pemakaian antena pembuat kuat sinyal, salah satu contohnya adalah GSM Repeater. Jika harga GSM Repeater dirasa mahal karena mencapai enam digit, ada alternatif yang murah yaitu stiker pembuat kuat sinyal HP yang mudah ditemukan di pasaran.

6. Memilih Jaringan Khusus

Masih ada pemakai XL heran mengapa internet XL lemot tidak tahunya masalah ada pada kekeliruan jaringan yang mereka pakai. Bila pemakai menggunakan jaringan XL 2G/3G pasti internetnya masih lambat. Oleh karena itu, yang perlu dikerjakan adalah memindahkan settingan ke smartphone khusus 4G di pengaturan HP. Setelah mengganti jaringan smartphone mesti di restart dulu.

7. Mencari Tempat yang Terjangkau 4G

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan tapi jaringan masih lemot, pemakai boleh mencari tempat jaringan yang bagus. Pengguna dapat mendatangi tempat fasilitas umum seperti bangku taman, food court, alun-alun, atau tempat yang dekat tower XL. Jika masih tidak berhasil juga pengguna sebaiknya bertanya pada call center dari XL dengan cara mendatanginya ataupun lewat telpon.

Itulah tujuh cara mengatasi sinyal XL lemot yang bisa dilakukan. Sebaiknya dikenali dulu sumber penyebab internet lemot kemudian pilih penyelesaian yang sesuai untuk mengatasinya. Hal ini penting dilakukan karena internet yang lemot akan sangat mengganggu kinerja.

Leave a Comment