Menu

Kenali Apa Itu Mbps Pada Wifi dan MBps serta Faktor yang Mempengaruhinya

Tutorial By Jan 07, 2023
Kenali Apa Itu Mbps Pada Wifi dan MBps serta Faktor yang Mempengaruhinya

Salah satu hal yang harus diketahui sebelum memasang atau menggunakan jaringan internet yakni dengan mengetahui informasi kecepatannya. Maka pengguna perlu mengenal Apa itu Mbps pada WiFi dan apa perbedaannya dengan MBps. Setiap penyedia jasa jaringan, tentu memberikan harga yang sebanding dengan kecepatan yang diberikan.

Tidak jarang saat seseorang berlangganan internet menggunakan kecepatan 50 Mbps namun saat digunakan untuk mendownload file yang terlihat hanya 6,25 MBps. Untuk itu, mari simak lebih lanjut mengenai perbedaan dari Mbps beserta faktor yang  mempengaruhi kecepatan jaringan. Berikut ulasan selengkapnya:

Perbedaan Mbps dan MBps Pada WiFi

Seringkali pembaca bertanya tentang apa itu Mbps pada WiFi? Secara garis besar Mbps merupakan singkatan Mega bit per second. Jika dialihkan bahasa Indonesia yakni Mega bit per detik. Jika disetarakan sama dengan 1000 Kbps. Ini artinya koneksi jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan data hingga 1000 Kbps atau dapat melakukan download serta upload data hingga 125 KB dalam kisaran waktu 1 detik.

Arti tulisan tulisan “KB” dan “Kb” itu juga berbeda. KB merupakan satuan kilobyte yang merupakan sebuah satuan besaran data. Sedangkan untuk Kb dengan menggunakan “b” kecil merupakan satuan kecepatan transfer data.

Baca Juga  Cara Mengetahui Ip Wifi pada Router, Dijamin Langsung Bisa!!

Selanjutnya pengertian dari Mbps juga berbeda dengan MBps. MBps merupakan kepanjangan Mega Byte per second. Perbedaan dasar yang perlu dicermati adalah penulisan huruf B besar dan “b” kecil. Secara garis besar, Byte memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari “bit”. Jadi, dapat diartikan, Mega Byte memiliki ukuran hingga delapan kali lebih besar dari Mega bit.

Maka bisa didefinisikan 1MB setara dengan data berukuran 8Mb. Bit digunakan pada satuan transfer data, sehingga untuk membentuk data sebesar 1 byte membutuhkan transfer data sebanyak 8 bit. Pada intinya 50 Mbps setara dengan 50.000 Kbps, sehingga 50.000/8 sama dengan 6250 Kbps atau 6,25 MBps.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Setelah mengetahui perbedaan MBps dan Mbps, kini saatnya pengguna untuk tahu juga apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan internet itu, agar dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut ini penjelasannya, yaitu:

1. Kekuatan Sinyal

Kualitas sinyal yang bagus tentu mempengaruhi kecepatan koneksi jaringan. Sebaliknya, ketika sinyal buruk pasti akan berdampak pada kecepatan atau bahkan jaringan bisa terputus. Salah satu solusi untuk hal ini adalah dengan menggunakan kabel fiber optic guna meminimalisir kendala serupa.

Baca Juga  Hindari Melakukan 5 Penyebab Handphone Bootloop Ini , Agar Handphone Awet

2. Kemampuan Perangkat

Hal berikutnya yakni mengenai kemampuan perangkat. Contoh paling mudah yakni ketika seseorang telah membeli paket internet 4G, namun ternyata ponsel yang digunakan hanya didukung kemampuan 3G. Tentu koneksi ataupun kinerja perangkat tidak akan dapat maksimal.

Begitu pula ketika ISP pengguna menggunakan kabel hanya sampai 1 Gbps, namun disisi lain port router yang digunakan hanya mendukung hingga 100 Mbps, maka sudah tentu hal ini berpengaruh pada kecepatan koneksi.

3. Jenis Jalur Koneksi yang Digunakan

Guna menyalurkan koneksi internet ISP biasanya digunakan beberapa jalur. Pada penggunaan internet kabel cenderung menggunakan kabel jenis tembaga dan kabel fiber optic. Setiap jenis kabel memiliki daya kemampuan aliran tersendiri.

Untuk saat ini yang tercepat yakni dengan kabel fiber optic. Jadi, buat pengguna yang masih menggunakan kabel jenis tembaga, bersiap-siap dengan kelemotan jaringan yang diberikan. Apabila ingin lebih cepat, harus berganti ke jaringan kabel fiber.

Pertanyaan mengenai apa itu Mbps pada WiFi serta perbedaannya dengan MBps telah terjawab. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengetahui faktor yang mempengaruhi kecepatan jaringannya. Jadi saat menggunakan koneksi internet tidak perlu lagi dengan istilah dan angka yang disajikan.