Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna Tanpa Bantuan Teknisi

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna Tanpa Bantuan Teknisi

Memiliki printer sendiri di rumah merupakan sebuah usaha untuk irit uang, namun tidak bisa dipungkiri bahwa masalah bisa saja terjadi. Masalah yang muncul pada printer adalah hal yang lumrah terjadi terutama masalah cartridge. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai cara mengatasi warna tinta printer Epson Tidak Sempurna yang penting untuk disimak:

1. Cobalah Lakukan Perbaikan

Tidak ada salahnya langkah pertama yang dicoba adalah perbaikan atau maintenance. Perbaikan ini sangat mudah sekali dilakukan karena hanya melakukan beberapa pengaturan yang dibantu menggunakan laptop yang tersambung dengan printer. Pengguna pun tidak perlu memanggil tukang service karena dapat dilakukan sendiri.

Langkah ini dapat membantu cartridge kembali berfungsi. Penyebab dari warna yang tidak sempurna ini adalah warnanya membeku sehingga susah keluar dari lubang kecil. Pengaturan maintenance membantu warna tersebut kembali keluar melalui lubang kecil sehingga hasil cetakan kembali sempurna.

2. Cartridge Dimasukkan ke Dalam Air Hangat

Pengguna yang sudah melakukan cara pertama namun tidak membuahkan hasil, maka cara yang kedua ini wajib untuk dicoba. Pertama-tama ambillah cartridge dari printernya kemudian pengguna mengambil air hangat dan lap lembut yang kering. Rendam cartridge tersebut sekitar 5 menit agar tinta yang membeku dapat segera mencair.

Cartridge yang sudah direndam dapat diangkat dan dikeringkan sampai benar-benar kering. Langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah memasang kembali cartridge tersebut dengan benar dan lakukanlah pencetakan dokumen. Tinta pada cartridge yang sudah mencair dapat digunakan lagi dengan sempurna.

3. Lihat Bagian Nozzle Check

Cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian Nozzle Check. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kondisi printer ketika akan melakukan pencetakan apakah warnanya sudah merata atau putus-putus. Jika warnanya putus-putus dapat dipastikan bahwa terdapat masalah pada cartridge.

Tentu saja jika warnanya masih putus-putus maka harus dilakukan tindak lanjut yaitu dilakukan cleaning. Cobalah untuk melakukan Nozzle Check ulang dan lihat apakah posisi tinta sudah merata atau masih putus-putus. Seharusnya jika sudah dilakukan cleaning ini maka penyebaran tintanya sudah merata. Jadi, printer sudah siap digunakan untuk mengeprint lagi.

4. Cleaning Encoder

Perlu diketahui bahwa Encoder ini merupakan perangkat keras yang menyerupai mika dan posisinya berdampingan dengan cartidge, lebih tepatnya di bagian belakang. Encoder memiliki fungsi yang vital dalam proses pencetakan karena berguna sebagai sensor agar proses pencetakan dapat dilakukan dengan sempurna.

Encoder yang penuh dengan debu akan menjadikan hasil cetakan menjadi buruk karena warnanya tidak tersebar secara adil. Membersihkan Encoder ini menjadi perkara yang wajib untuk membersihkan semua debu yang ada. Bersihkanlah menggunakan lap lembut. Apabila sudah selesai dibersihkan, maka hasil cetakan akan kembali normal.

5. Meningkatkan Kualitas dari Print

Cara terakhir yang dapat dilakukan oleh pengguna jika warna cetakan tidak sempurna adalah dengan meningkatkan kualitas dari printer. Secara otomatis jika cara ini dilakukan, maka akan membuat hasil cetakan menjadi lebih sempurna. Pengaturannya adalah dengan mengganti opsi high pada menu Print Quality.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna yang dapat dicoba. Pilihlah salah satu dari cara tersebut untuk mengatasi masalah pada warna cetakan. Pengguna tidak perlu membawa printer ke tukang service karena cara tersebut dapat dilakukan sendiri di rumah masing-masing. Pahamilah setiap petunjuknya dan lakukanlah dengan penuh kehati-hatian.

Leave a Comment