Tips Cara Mengatasi Application Error 0xc0000005 Windows 7

Tips Cara Mengatasi Application Error 0xc0000005 Windows 7

Berikut beberapa cara mengatasi application error 0xc0000005 windows 7 yang bisa di coba pengguna sebelum membawanya ke ahli PC/laptop. Bagi beberapa pengguna PC/laptop pasti pernah mengalami permasalahan ini. Ini muncul ketika pengguna ingin membuka sebuah aplikasi dengan format exe. Maka dari itu pengguna bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. SFC atau Scannow

SFC atau scannow merupakan scan pada file dan sistem yang berfungsi untuk mengetahui permasalahan akan hadirnya peringatan error 0xc0000005 saat mencoba membuka file. Pertama cari CMD pada menu pencarian, lalu klik kanan dan pilih command prompt.

Kedua, klik run as administrator. Ketiga, jalankan perintah SFC/scannow, lalu enter. Keempat, silahkan sabar menunggu hingga selesai. Kemudian setelah selesai dan berhasil, silahkan jalankan program yang ingin dijalankan pertama tadi.

2. File Registry

Selanjutnya untuk cara mengatasi application error 0xc0000005 windows 7 adalah mengecek dan memperbaiki file registrynya. Tahapnya mudah, pengguna silahkan tekan tombol windows dan R secara bersamaan. Maka akan muncul menu windows run. Selanjutnya tulis regedit dan klik ok. Pengguna akan dimintai persetujuan menuju registry editor.

Setelah membukanya, bukalah folder HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft Windows NT CurrentVersion. Tekan applnit_DLLs, lalu pengguna harus mengubah value data ke 0. Setelah itu klik ok, dan pengguna silahkan restart PC/laptopnya. Mudah bukan? Silakan dicoba, jika masih belum bisa tenang saja, coba cara yang lain lagi.

3. Stop Data Execution Prevention

Data execution prevention atau sering disingkat dengan DEP. Sifat dari program ini bagus, yakni melindungi windows dari virus dan ancaman lain. Akan tetapi, karena respon yang berlebihan dapat membuat application error 0xc0000005.

Maka dari itu, untuk mengatasinya silahkan pada keyboard klik windows dan R bersamaan. Lalu ketik “sysdm.cpl”. Setelah enter, muncul advanced pilihlah setting. Kemudian klik DEP atau data execution protection.

Lalu klik turn on data execution protection for all programs and services except those i select. Add atau tambahkan file yang ingin dibuka atau bermasalah sebelumnya. Terakhir klik ok.

4. Update Disk Drive

Sebelum melakukan cara ini, pastikan pengguna sudah memiliki drive yang ingin digunakan terlebih dahulu. Pastikan drivenya juga terbaru ya, jangan yang sama. Driver baru terkadang bisa lebih lancar dan bisa menjalankan program yang tidak bisa dijalankan drive lama.

Tahap untuk mengupdate drivenya adalah pertama masuk pada windows explorer. Kedua, kemudian pengguna klik kanan pada this PC, lalu pilih manage. Pilih device manager, dan klik disk drives. Ketiga, klik kanan pada driver dan pilih update driver. Pilih opsi browse my computer for software drivers. Keempat pilih file drive yang sudah disiapkan tadi. Terakhir klik ok.

Pengguna bisa menunggu terlebih dahulu. Jika sudah selesai pengguna ingin memastikan drive berjalan lancar silahkan restart PC/laptopnya. Lalu coba buka aplikasi atau program yang bermasalah tadi.

5. Ganti RAM

Setelah mencoba cek permasalahan pada softwarenya, coba cek pada hardware. Jangan-jangan yang bermasalah pada hardware yaitu RAMnya. Kerusakannya bisa jadi pada RAMnya itu sendiri atau pada penghubung atau konektornya. Cobalah ganti RAM yang terpasang sebelumnya dengan RAM yang baru. Pengguna yang sudah sering bongkar pasang PC/laptop tentu sudah terbiasa.

Bagi yang belum pernah, bisa menggunakan media Youtube untuk belajar. Akan tetapi, untuk mengantisipasi kerusakan yang berlebih, lebih baik dibawa ke ahlinya. Apabila memang bisa sendiri, cobalah dengan RAM laptop lain, bisa pinjam teman atau PC/laptop keluarga. Selamat mencoba.

Demikian cara mengatasi application error 0xc0000005 windows 7. Pengguna bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Untuk lebih detailnya pengguna juga bisa buka Youtube sambil melihat tahap yang sudah ditulis di atas. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Jika tidak bisa dihadapi sendiri, bisa minta tolong pada teman atau serahkan kepada ahlinya.

Leave a Comment