Bagaimana Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah,Yuk Cari Tahu!

Bagaimana Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah,Yuk Cari Tahu!

Sebagian orang mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya headset. Keberadaannya kerap menemani setiap aktifitas harian. Jika terjadi kesalahan, seperti mati sebelah secara tiba-tiba tentunya akan membuat kesal penggunanya. Ada baiknya untuk mengetahui cara memperbaiki headset yang mati sebelah sebagai penanganan yang tepat.

Tidak sedikit yang mengambil jalan pintas untuk membeli headset baru. Sebelumnya, cobalah terlebih dahulu solusi berikut ini. Apa Saja cara yang bisa dicoba? Mari simak informasi lengkap berikut ini!

Jika Kerusakan pada Speaker

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara memperbaiki headset yang mati sebelah bisa melalui beberapa cara. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, harus diketahui penyebabnya. Selanjutnya, terapkan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Headset yang tidak berfungsi bisa dikarenakan rusaknya bagian speaker atau pada bagian kabel. Jika headset tidak berfungsi dengan baik karena rusaknya komponen speaker, maka cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu solder dan timah
  • Pertama-tama, bukalah terlebih dahulu komponen speaker
  • Lakukan pengecekan pada bagian speaker, adakah kabel yang terputus atu tidak
  • Jika sudah ditemukan bagian yang terputus, lakukan penyolderan dengan timah yang tersedia
  • Lakukan secara hati-hati dan pastikan kabel terhubung kembali
  • Tutup headset seperti semula, kemudian coba lakukan pengecekan dengan memutar audio.

Bagaimana Jika Bagian Kabel yang Rusak?

Selain rusaknya komponen speaker, kabel yang rusak juga bisa membuat headset tidak berfungsi. Cara memperbaiki headset yang mati sebelah bisa dilakukan dengan tahapan berikut. Setiap langkahnya harus dilakukan secara hati-hati, sehingga tidak menimbulkan kerusakan baru.

Jika masalahnya terdapat pada kabel, biasanya akan ditemukan kabel yang mengelupas pada headset. Sebelum beli headset baru, ada baiknya mencoba tips berikut ini. Yuk cari tahu!

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Akan Digunakan

Pertama-tama, pastikan alat dan bahan yang akan digunakan sudah siap. Adapun peralatan yang dibutuhkan yaitu gunting dan selotip. Gunakan gunting yang tidak terlalu besar ataupun kecil, sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, disarankan memilih selotip dengan daya rekat yang bagus, sehingga tidak mudah terbuka.

2. Temukan Area Kerusakan

Selanjutnya, temukan area kabel yang diprediksi mengalami kerusakan. Jika kabel sudah mengelupas, cara ini bisa dilewati. Cara untuk mengetahuinya bisa dengan diraba, atau pun menekuk area kabel dengan hati-hati dan perlahan. Jika bagian kabel yang diraba terdengar suara, kemungkinan area tersebut mengalami kerusakan.

3. Lakukan Pengelupasan

Jika sudah ditemukan area kabel yang rusak/terputus, lakukan pembedahan pada kabel. Kelupaskan area yang rusak dengan arah memanjang sekitar 5 cm. Lakukan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan baru pada komponen headset. Potong area kabel tersebut secara hati-hati, pastikan tidak memotong kabel lainnya yang masih bagus.

4. Menghubungkan Area Kabel yang Putus

Hubungkan kembali kabel yang terputus dengan menggunakan selotip yang tersedia. Gunakan selotip khusus kabel atau pun selotip bening dengan daya rekat yang bagus. Pastikan kabel yang putus dihubungkan dengan kabel yang sewarna. Jika sudah terhubung, pastikan tidak mengenai kabel lainnya untuk terhindar dari kerusakan.

5.   Lakukan Pengetesan

Jika setiap cara memperbaiki headset yang mati sebelah sudah dilakukan, selanjutnya lakukan pengetesan. Lakukan pemutaran audio apa pun untuk mengetahui fungsi headset. Lakukan secara berulang-ulang untuk memastikan bahwa headset bisa digunakan sebagaimana biasanya.

Nah, itulah  cara memperbaiki headset yang mati sebelah. Pastikan setiap langkahnya dilakukan secara hati-hati. Hal ini dilakukan agar tidak memicu kerusakan lainnya pada headset. Jika memang ragu melakukannya, bisa meminta bantuan pada ahlinya  yang lebih berpengalaman.

Leave a Comment