Cara Mematikan Kamera Google Meet dengan Mudah dan Cepat

Cara Mematikan Kamera Google Meet dengan Mudah dan Cepat

Sejak virus Covid-19 mewabah, aplikasi Google Meet banyak digunakan untuk mengadakan meeting virtual. Google Meet memungkinkan penggunanya berkomunikasi secara virtual dengan banyak anggota hingga ratusan orang. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan selama bekerja dari rumah. Tidak semua orang mau menyalakan kamera, namun untuk mematikannya banyak yang tak mengetahui langkah-langkahnya. Cara mematikan kamera Google Meet mudah dilakukan oleh pengguna.

Langkah-Langkah Mematikan Kamera di Google Meet

Kamera di Google Meet dimatikan karena beberapa alasan seperti tidak percaya diri dengan penampilannya, suasana rumahnya tidak kondusif, sinyal jelek, hingga sedang terdesak melakukan kegiatan lain. Untuk menonaktifkan fitur kamera di Google Meet pengguna bisa mengatur sendiri. Berikut tutorial lengkap mematikan kamera di Google Meet:

1. Bukalah Aplikasi Google Meet

Sebelum Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuka aplikasi Google Meet. Biasanya aplikasi ini bisa dibuka melalui browser di laptop atau HP. Setelah itu, pengguna bisa login dengan memasukkan alamat email dan password dengan tepat.

2. Klik New Meeting

Langkah selanjutnya pengguna bisa menekan ‘New Meeting’ supaya video conference bisa dimulai. Pengguna juga bisa gabung ke video conference yang ada. Caranya, hanya tinggal memasukkan link atau kode yang tersedia. Kemudian, tekan ‘Join’.

3. Klik Logo Bergambar Kamera

Cara mematikan kamera Google Meet adalah dengan menekan menu bergambar kamera yang tertera pada layar. Apabila telah berwarna merah, maka tandanya kamera telah dimatikan. Jika pengguna ingin menyalakannya kembali, klik menu tersebut hingga berubah menjadi warna putih.

Etika yang Harus Diperhatikan Saat Mematikan Kamera di Google Meet

Mematikan kamera di Google Meet sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan etika yang ada. Apalagi saat mengadakan diskusi atau rapat bertatap muka, walaupun secara virtual tetap perlu dilakukan. Jika terus mematikan kamera saat meeting penting, nantinya akan timbul permasalahan atau suasana menjadi asing. Berikut etika yang harus diperhatikan saat mematikan kamera di Google Meet:

1. Kamera Dimatikan Saat Kondisi Tertentu

Saat mengadakan rapat atau pembelajaran, diharapkan untuk mematikan kamera Google Meet disaat tertentu saja. Misalnya, terdapat gangguan atau mengharuskan pergi ke suatu tempat yang tidak bisa ditunda seperti kamar mandi, dan lain sebagainya. Hal tersebut perlu dilakukan juga untuk menghargai lawan bicara agar seakan tidak berbicara sendiri.

2. Minta Izin

Jika memang kamera di Google Meet tidak bisa dinyalakan, maka pengguna bisa meminta izin untuk mematikan kamera, serta mengutarakan alasan kenapa kamera harus dimatikan. Misalnya, terjadi gangguan atau sinyal sedang tidak bagus dan menghasilkan suara berisik, dan lain-lain. Meminta izin kepada semua anggota, bukan hanya anggota yang dikenal saja. Hal ini dilakukan agar semua orang merasa dihormati.

3. Interaktif

Jika memang terpaksa mematikan kamera di Google Meet. Usahakan tetap berkomunikasi secara interaktif, agar orang lain tahu bahwa meeting telah diikuti seksama oleh pengguna dan menyimak dengan benar apa yang dibicarakan orang lain. Apabila tidak ada respon dari lawan bicara, khawatirnya menimbulkan salah paham dan konflik dengan orang lain.

4. Mengatur Arah Kamera

Pengguna juga perlu mengatur posisi kamera ketika rapat atau pembelajaran sedang berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari sesuatu yang mengganggu saat conference berlangsung. Misalnya saja background yang tidak pantas, seperti menghadap posisi dapur, kamar yang berantakan, dan lain-lain.

5. Mematikan Kamera Sesuai Kesepakatan

Terkadang host sudah menetapkan peraturan bahwa kamera harus selalu menyala. Kalau memang tidak ada peraturan tertulis terhadap hal tersebut, sebaiknya untuk mematikan kamera tetap izin terlebih dahulu. Setelah, host mempersilakan hidupkan kamera, pengguna bisa menghidupkannya kembali.

Itulah cara mematikan kamera Google Meet yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, etika saat mematikan kamera harus diperhatikan oleh pengguna. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi salah paham dan menghindari permasalahan.

Leave a Comment