Simak Cara Mengatasi Channel YouTube yang Tidak Muncul di Pencarian Berikut Ini!

Simak Cara Mengatasi Channel YouTube yang Tidak Muncul di Pencarian Berikut Ini!

Beragam cara mengatasi channel YouTube yang tidak muncul di pencarian sering ditelusuri para YouTuber yang channelnya sepi pelanggan. Kebanyakan YouTuber menganggap ketika memiliki channel namanya langsung muncul di pencarian. Namun, banyak yang belum mengetahui sebab tidak terdeteksinya channel dari penelusuran.

Apabila pengguna baru memiliki akun google dan memulai akun YouTube, maka butuh waktu untuk memunculkan channel di pencarian. YouTube akan mencocokkan algoritma dengan channel yang dimiliki pengguna. Terlebih jika channel belum memiliki konten, maka tidak dapat langsung muncul di pencarian.

Memahami Cara Kerja Penelusuran

Memiliki channel YouTube yang bisa dimonetisasi memang menjadi keinginan setiap orang. Perlu dipahami, merintis channel YouTube memerlukan perjuangan. Pengembangan konten secara konsisten juga perlu diperhatikan. Banyak riset yang harus dilakukan untuk sebuah topik. Tak sedikit pula hal yang bisa dilakukan dalam menyajikan konten yang menarik perhatian.

Di tengah persaingan atensi penonton YouTube, YouTuber terkadang mengembangkan konten yang hanya mengandalkan kata yang populer saja. Ini tanpa mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan di antara penonton.

Selain menggunakan peluang trending, pengguna juga bisa menyaksikan tips agar channel cepat dimonetisasi. Ada beberapa YouTuber yang sudah memiliki channel yang memenuhi persyaratan monetisasi dan membagikan tips keberhasilannya di channel YouTube mereka.

Mengatur Channel YouTube

Semua pengguna YouTube memiliki channel tersendiri. Akan tetapi, belum semua muncul di pencarian YouTube. Cara mengatasi channel YouTube yang tidak muncul di pencarian bisa dilakukan untuk meningkatkan penonton konten YouTuber. Yang perlu dipahami bahwa penelusuran YouTube berbasis kata kunci dan topik yang sering dicari. Berikut ini langkah untuk memunculkan channel YouTube di penelusuran:

1. Mengedit Kata Kunci untuk Laman Studio YouTube.

Di YouTube studio, pengguna bisa mengatur kata kunci pencarian untuk channel yang ingin dimunculkan di pencarian. Pertama, pengguna membuka YouTube studio. Pilih setelan untuk membuka pengaturan channel. Setelah itu, pilih tab “Kata Kunci”.

Di kolom kata kunci, pengguna bisa mengisi dengan nama channel, hal yang diunggah secara umum, juga identitas yang ingin ditemukan pada channel. Pengguna perlu menunggu hingga algoritma YouTube bisa mendeteksi dan memunculkan channel dengan kata kunci terkait. Gunakan kata kunci yang jarang digunakan, namun sering dicari.

2. Mengunggah Video ke Saluran YouTube

Channel yang tidak memiliki video atau tidak mengunggah video terkait topik pencarian, tidak akan langsung muncul dalam pencarian. Dengan demikian, pengguna sebaiknya mengunggah video di YouTube. Akan lebih baik apabila video-video yang diunggah berisi satu topik yang dikembangkan secara konsisten.

3. Menggunakan Fitur Tags

Untuk memudahkan penelusuran, YouTube menggunakan topik atau tags. Topik ini akan dipetakan dan diatur sesuai kata kunci pencarian. Semakin sering dicari, tag akan muncul di penelusuran. Apabila pengguna konsisten mengembangkan satu topik yang sering ditelusuri tersebut, channel YouTube akan terangkat dalam penelusuran.

4. Menggunakan Nama yang Unik

Nama channel yang unik akan memudahkan pencarian. Nama channel bisa nama asli, atau nama yang memiliki arti tertentu yang mencerminkan isi konten pada channel. Setelah menetapkan nama channel, pengguna tidak disarankan mengganti nama terlalu sering.

Itulah penjelasan cara mengatasi channel YouTube yang tidak muncul di pencarian. Selama kurun waktu tertentu, YouTuber baru sebaiknya konsisten mengembangkan topik konten agar bisa terdeteksi dari sekian banyak video yang diunggah ke YouTube. YouTuber baru dapat mengunggah hal-hal sederhana yang ingin dibagikan dan ditonton di YouTube.

Leave a Comment