Sinyal Wifi Lemah ?? Intip 5 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Berikut!

 Intip 5 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Berikut!

Seiring peningkatan kebutuhan internet, pemasangan wifi dirumah juga mengalami peningkatan. Kuota internet wifi lebih murah dibanding operator seluler. Namun jangkauan wifi hanya di lingkup tertentu saja. Tak jarang ada sudut tertentu dalam rumah yang tidak terjangkau sinyal wifi. Untuk mengatasinya, cara memperluas jangkauan wifi berikut ini bisa dicoba:

1. Atur Letak Router

Posisi pemasangan router wifi sangat mempengaruhi jangkauan sinyal internet yang dipancarkan. Sebisa mungkin tempatkan router di posisi strategis. Misalnya di tengah ruang dan ditempat terbuka. Keberadaan penghalang seperti tembok, sekat, atau atap ke ruang atas bisa menghalangi jangkauan sinyal wifi.

Cara memperluas jangkauan wifi yaitu dengan tidak menempatkan router di dekat perangkat telepon atau microwave. Sebab kedua perangkat tersebut menghasilkan gelombang yang bisa menyebabkan gangguan pada frekuensi sinyal wifi. Gangguan ini mempengaruhi tingkat konektivitas pada router.

Perhatikan pula arah antena router yang dipasang. Jika router hanya memiliki satu buah antenna, sebaiknya atur posisi antena tegak lurus. Dengan demikian sinyal jaringan bisa menyebar rata ke seluruh ruang. Jika antena router lebih dari satu akan lebih baik posisikan antenna dengan arah yang berbeda beda. Ini agar range jangkauan menjadi lebih luas.

2. Pasang Access Point

Penggunaan acces point tambahan sangat direkomendasikan untuk rumah atau kantor yang memiliki banyak ruang bersekat. Tambahkan acces point di beberapa sudut. Jadi sinyal wifi bisa menjangkau lebih luas, hingga ke ruang-ruang tertutup sekalipun.

Penambahan acces point bukan hanya akan membuat jangkauan sinyal wifi lebih luas saja. Manfaat lain yang diberikan yaitu peningkatan kestabilan jaringan. Karena alasan ini, ada beberapa produk router yang juga menawarkan fitur access point mode.

3. Gunakan Wireless Booster

Penggunaan wireless booster atau banyak dikenal dengan sebutan wifi extender dan wifi repeater juga efektif untuk meningkatkan luas jangkauan sinyal wifi. Berbeda dengan acces point, wifi extender bekerja dengan menangkap sinyal yang dipancarkan wifi. Lalu, memancarkan ulang sinyal yang ditangkapnya tersebut.

Kelemahannya, kekuatan sinyal yang dipancarkan wifi extender hanya setengah dari kekuatan potensial wifi asli. Sebab separuh antena internalnya digunakan untuk menangkap sinyal wifi. Setengah antenna lainnya baru digunakan untuk memancarkan ulang sinyal jaringan wifi.

Penempatan  perangkat wifi repeater ini juga harus benar-benar diperhatikan. Jika wifi booster diletakkan di sudut yang tidak terjangkau wifi sehingga sinyalnya lemah, maka sinyal yang dipancarkan ulang juga akan lemah. Jadi walaupun jangkauannya bisa lebih jauh, namun sinyal yang tertangkap lemah.

Posisikan wifi extender di area yang sinyal wifinya kuat, jadi sinyal yang dipancarkan ulang juga kuat. Selain itu jauhkan pula dari perangkat yang bisa mengintervensi gelombang sinyal yang dipancarkannya. Seperti perangkat telepon kabel atau microwave.

4. Upgrade Router

Jika router yang digunakan sudah cukup berumur, ada baiknya untuk melakukan upgrade router. Cara memperluas jangkauan wifi ini dilakukan dengan mengganti router lama dengan router keluaran terbaru. Router keluaran baru memiliki teknologi yang lebih baik sehingga menawarkan kecepatan serta jangkauan sinyal internet yang lebih baik.

Misalnya standarisasi wifi 5 dengan wifi 6 yang lebih baru. Wifi 6 yang disebut high-efficiency wireless, menawarkan jangkauan acces point yang lebih tinggi, mencapai 4 kali lipat. Koneksi yang diberikan juga tetap stabil meskipun di area padat.

5. Gunakan 2.4GHz, bukan 5GHz Wi-Fi

Wifi dapat menggunakan 2 pita frekuensi, 2.4GHz dan 5GHz Wifi. Frekuensi 5GHz lebih banyak digunakan sebab menawarkan kecepatan yang lebih baik. Namun untuk luas jangkauan, sebenarnya frekuensi 2.4GHz lebih baik.

Meski cepat, frekuensi 5GHz sulit menembus penghalang seperti kaca, pepohonan, bahkan hujan. Sebaliknya, sinyal 2.4GHz memang lambat, namun dapat diandalkan untuk menembus jangkauan yang lebih jauh.

Demikian kelima cara memperluas jangkauan wifi yang bisa dilakukan dengan mudah dan relative murah. Bagi yang memiliki rumah yang luas bisa langsung mencoba langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment