Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap di HP dan Solusi Mengatasinya!

Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap di HP dan Solusi Mengatasinya!

Tindakan kriminal semakin tidak mengenal batas dan variatif. Salah satunya yang lagi marak adalah kasus cyber crime. Oleh karena itu perlu sekali untuk waspada dan mengetahui cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP. Sebab ponsel menjadi perangkat penting bagi setiap orang dan bisa saja menjadi ladang kejahatan bagi orang lain.

Selain mawas diri, juga harus mengetahui cara untuk menanganinya agar tidak mudah terserang kejahatan akibat ponsel yang tersadap. Hal ini biasa digunakan untuk mencuri identitas seseorang atau informasi penting hingga disalahgunakan. Modusnya pun beragam, ada yang menyamar mengirim pesan dari provider atau pinjaman online.

Ciri-ciri Ada Aplikasi Penyadap

Sebelum mengetahui cara menangani hp yang tersadap, terlebih dahulu tentu harus mengetahui bagaimana ciri-cirinya. Agar bisa tahu apakah ponsel benar-benar disadap orang lain atau tidak, berikut ini cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP:

1. Baterai Cepat Sekali Habis

Jika mengalami baterai cepat habis padahal jarang menggunakannya, maka perlu berhati-hati dan berpikir ulang apakah ada hal mencurigakan dari handphone. Suhu ponsel juga bisa menjadi sangat panas atau overheating. Sebab tanpa disadari, smartphone yang sedang dipakai juga turut digunakan oleh orang lain.

2. Kesulitan Memperoleh Sinyal

Tanda berikutnya yang patut dicurigai adalah sulit untuk mendapatkan sinyal padahal sedang berada di lokasi strategis dan memiliki akses internet tinggi. Penyadapan dari jarak jauh memang kerap menyebabkan terputusnya sinyal dari hp. Jika sudah begini, harus lebih meningkatkan mawas diri.

3. Ada Tanda Pesan Masuk Sudah Terbaca

Ciri ketiga yang paling sering terjadi yaitu adanya pesan masuk yang menunjukkan tanda sudah terbaca, sedang si pengguna tidak merasa pernah membukanya. Hal inilah yang harus diberi perhatian dan perlu meningkatkan kehati-hatian.

Cara Menangani HP yang Tersadap

Setelah memastikan ciri-ciri yang sudah dijelaskan di atas, maka selanjutnya perlu untuk mencari tahu tentang cara menangani ada aplikasi penyadap di HP. Agar tindakan tersebut bisa segera ditangani dan tidak semakin merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1 Mendeteksi dengan Kode *#21#

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah mendeteksi apakah ada aplikasi yang dipasang orang lain untuk menyadap tanpa disadari. Silakan mengeceknya dengan mendial kode *#21# atau *#21## pada papan telepon. Hal ini dilakukan untuk mengetahui rincian panggilan atau sms yang sedang dialihkan.

Selain dua kode tersebut, ada yang lain untuk mengetahui jika terdapat gelagat aneh dari handphone yang dipakai. Yakni mengetik *#06# ataupun *#61# dan akan segera tahu serta bisa menghentikan tindakan penyadapan tersebut. Pengguna juga dapat melacak nomor dari panggilan tidak terjawab. Guna memverifikasi nomor pengalihan lakukan panggilan ke *#62#.

2. Hentikan dengan Kode #002#

Setelah memastikan bahwa hp tersadap, maka selanjutnya harus menghentikan agar terputus niatan hacker melakukan kejahatan. Caranya yaitu dengan menekan kode #002# atau bisa juga ##002## pada papan telepon. Melalui langkah ini sadapan tersebut akan terputus.

3. Perhatikan Penggunaan VPN

Cara ketiga yaitu harus cermat saat menggunakan Virtual Private Network. Sebab perangkat ini akan mengenkripsi jaringan internet sehingga memudahkan handphone untuk disadap. Para hacker juga memiliki ruang untuk meretas data penting.

4. Gunakan Factory Reset

Langkah terakhir dan menjadi solusi terbaik adalah mengembalikan smartphone pada setelan pabrik. Hal ini akan menghapus data serta aplikasi tersembunyi yang digunakan untuk menyadap.

Demikian ulasan mengenai cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP dan solusi mengatasinya. Setelah mengetahui langkah tersebut, sebaiknya lebih hati-hati dan mawas diri saat ada keanehan pada ponsel.

Leave a Comment