Simak 5 Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi

Simak 5 Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi

Pernah mengalami kerusakan tombol back, home, dan recent? Pasti akan sangat repot jika mengalaminya. Terlebih lagi jika ada urusan yang sangat mendesak. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi sangatlah penting bagi pengguna smartphone.

Ada berbagai alasan yang melatar-belakangi permasalahan ini. Mulai dari permasalahan sistem, penggunaan yang tidak sehat, pernah terjatuh, dan lain sebagainya. Tetapi apapun permasalahannya, tentu ada solusinya. Berikut adalah cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang dapat dicoba:

1. Aplikasi Tombol Virtual

Aplikasi tombol virtual adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk mengganti tombol fisik yang rusak. Ada berbagai macam aplikasi seperti ini yang tersedia di google play store. Salah satunya aplikasi yang bisa direkomendasikan adalah aplikasi Soft Key – Home Back Button.

Soft Key – Home Back Button mempunyai tampilan yang sederhana dan minimalis. Selain itu fungsinya pun tetap sama seperti fungsi back, home, dan recent seperti pada umumnya. Aplikasi ini pun tidak membutuhkan root sehingga sangat sesuai untuk semua kondisi smartphone.

2. Uninstal Aplikasi Terakhir yang Dipasang

Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di Internet. Mulai dari yang terdapat pada aplikasi store resmi dan juga tidak. Tetapi yang perlu disadari adalah tidak semua aplikasi itu baik untuk smartphone. Aplikasi-aplikasi itu mungkin saja beresiko mempengaruhi kinerja dari smartphone.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa saja belum layak dipakai, atau paling parah adalah sebuah virus. Memasang aplikasi yang belum jelas beresiko mengubah kode perintah pada sistem. Untuk mengetahui aplikasi yang terakhir dipasang hanya perlu membuka Google Play Store. Kemudian pilih opsi Aplikasi dan Game.

3. Unroot

Ada berbagai alasan mengapa orang-orang melakukan rooting pada smartphonenya. Mulai dari menstabilkan ROM, hingga memperbesar kapasitas RAM. Akan tetapi melakukan root pada handphone sangatlah beresiko. Selain menghilangkan garansi, melakukan rooting dapat beresiko memperbesar celah keamanan sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah.

Untuk melakukan unroot bisa dengan menggunakan aplikasi SuperSU. Cara pengaplikasiannya adalah dengan masuk ke aplikasi SuperSU. Kemudian buka menu pengaturan pada aplikasi. Lalu pilihlah opsi unroot penuh. Tunggulah hingga keseluruhan proses selesai dilakukan. Biasanya handphone akan mengalami kondisi restart setelahnya.

4. Kesetelan Pabrik

Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi berikutnya bisa dengan mereset handphone ke setelan pabrik. Perlu diingat, mereset handphone ke kondisi awal dapat beresiko menghilangkan seluruh data yang terdapat pada handphone. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan back-up terlebih dahulu.

Untuk melakukan reset ke setelan pabrik cara cukup mudah. Masuklah ke menu Setting dan pilih opsi Backup & Reset. Ceklis Backup My Data untuk mencadangkan data ke penyimpanan cloud kemudian pilih Factory Data Reset. Tunggulah hingga keseluruhan proses telah selesai dilakukan.

5. Service

Ini mungkin bisa jadi opsi yang terakhir. Jika keseluruhan cara diatas tidak menghasilkan apa-apa, kemungkinan kerusakan bukan pada sistem pada handphone. Kerusakan bisa saja pada hardware akibat terbentur, terkena air, atau yang lainnya.

Untuk melakukan perbaikan, lakukanlah di Service Center resmi. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan atau kerusakan lebih lanjut akibat jasa yang tidak profesional. Biaya perbaikan biasanya sekitar 50 ribu.

Demikianlah beberapa cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi. Semoga tips tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Handphone memang benda penting dewasa ini. Terlebih lagi harganya yang tidak murah. Maka dari itu, perlakukanlah handphone dengan baik agar handphone dapat bertahan lebih lama.

Leave a Comment