6 Cara Mengatasi iCloud Penuh di Iphone dengan Tepat

6 Cara Mengatasi iCloud Penuh di Iphone dengan Tepat

Perlu diketahui bersama bahwa smartphone saat ini tidak hanya menggunakan penyimpanan internal atau eksternal, namun juga penyimpanan awan. Tidak terkecuali Apple yang menggunakannya atau lebih familiar disebut iCloud. Namun, tidak jarang ditemukan notifikasi iCloud yang terlalu penuh, berikut ini akan dipaparkan 6 cara mengatasi iCloud penuh di iPhone dengan tepat:

1. Hapus Cadangan iCloud

Pada iCloud yang penuh, menghapus cadangan menjadi salah satu cara mengatasi penuhnya penyimpanan iCloud. Caranya mudah, masuk pengaturan kemudian masuk iCloud dengan sebelumnya mengisi perangkat mana yang dipakai. Setelah itu bisa klik bagian penyimpanan. Akan muncul berbagai perangkat dan pilih perangkat yang hendak dihapus cadangannya dengan klik pilihan “matikan dan hapus”.

2. Foto Yang Tidak Penting Dihapus

Penyimpanan pada iCloud ini biasanya akan tersambung pada galeri foto. Sehingga secara otomatis foto-foto yang tersimpan di galeri akan masuk iCloud. Dan tidak jarang pengguna iPhone akan sering melakukan swafoto hingga puluhan kali.

Tidak heran jika ini menjadi penyebab iCloud terlalu cepat penuh. Oleh karena itu, dengan menghapus gambar atau foto baik dari galeri foto maupun yang lain yang dirasa tidak penting akan menjadi solusi. Selain itu bisa juga dengan memindahkan foto dari iPhone ke laptop.

3. Jika Perlu, Hapus Juga File di iCloud

Tidak hanya foto, pengguna mungkin tidak sadar bahwa file menumpuk jadi penyebab penuhnya iCloud. Biasanya pengguna yang masih sekolah atau kuliah tidak sadar banyaknya file tidak berguna di iPhone. File tersebut mungkin saja berasal dari tugas-tugas kuliah maupun artikel, jurnal dari dosen.

Untuk letak file sendiri ada bagian iCloud Drive. Setelah itu, masuk pada folder tertentu yang berisi puluhan file. Lanjut dengan memilih beberapa file yang hendak dihapus. Penghapusan file ini bisa dilakukan secara permanen sehingga setelah dihapus akan membuat ruang pada iCloud lebih kosong.

4. Hapus Pesan Di Email

Tidak bisa dipungkiri bahwa lampiran, pesan teks dalam email otomatis akan masuk pada iCloud. Sehingga tidak ada salahnya penuhnya iCloud bisa dikurangi dengan menghapus pesan ataupun lampiran dalam email yang sudah tidak penting. Selain itu juga mempermudah untuk menemukan file penting yang mungkin bertumpuk di bawah file tersebut.

5. Penghemat iCloud dengan Mencadangkan Aplikasi Tertentu

Selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi iCloud penuh di iPhone dengan tepat adalah dengan menghemat iCloud. Penghematan ini bisa dilakukan dengan tidak mengkoneksikan semua aplikasi untuk dicadangkan dalam iCloud.

Caranya pertama dengan membuka pengaturan kemudian masukkan nama akun yang telah terdaftar. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan klik bagian kelola penyimpanan. Lalu masuk cadangan dan pilih akun yang digunakan. Jika sudah, bisa memilah aplikasi apa saja yang hendak dicadangkan. Sehingga aplikasi yang tidak dipilih lainnya bisa dinonaktifkan alias tidak dihubungkan otomatis dengan iCloud.

6. Upgrade dengan Berlangganan iCloud

iCloud sendiri sebenarnya aplikasi yang gratis. Namun hanya dibatasi dengan 5 GB saja di setiap akun atau pengguna. Sehingga jika pengguna ingin menambah ruang penyimpanan iCloud bisa dengan cara berlangganan aplikasi tersebut. Untuk harganya perbulan yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung dengan jumlah ruang yang disediakan.

Misalnya untuk mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 50 GB bisa membayar 15 ribu per bulannya. Sedangkan untuk 200 GB pengguna harus membayar sekitar 45 ribu. Dan untuk 2 TB sekitar 150 ribu. Harga tersebut tentunya telah disesuaikan dengan banyaknya ruang yang disediakan pihak iCloud kepada pelanggannya.

Demikian itu 6 cara mengatasi iCloud penuh di iPhone dengan tepat. Tentunya dengan menyimpan file melalui iCloud akan lebih mudah untuk kapan waktu diakses kembali. Selain itu, juga tidak menyebabkan memori internal iPhone penuh.

Leave a Comment